Madura Jawa Timur Katagori Zona “Merah Narkoba”

Tribratanews.polri.go.id ;Poldajatim – Kapolsek Konang AKP Sudaryanto, SH MH mewakili Kapolres Bangkalan menghadiri kegiatan  Seminar Rehabilitasi Penyalahgunaan Napza melalui IPWL di Pendopo Ronggo Sukowati Pamekasan.

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Ghana ( Guest Houst Adicsi Narkoba) bekerjasama dengan Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia (PKBI) Kabupaten Pamekasan dihadiri oleh Direktur Rehabilitasi Departemen Sosial RI Wasmito Budi Laksono MSi,  Bupati Pamekasan, Kapolres Sewilayah Madura, Ketua BNK Pamekasan, Samoang dan Sumenep, Perwakikan Perguruan tinggi dan SMA se kab Pamekasan serta ulama dan Tomoh masyafakan se kab Pamekasan sejumlah 380 orang.

Direktur Rehabilitasi Depsos RI menyampaikan,  agar program rehabilitasi bisa dimanfaatkan dengan sebaik baiknya sehingga benar benar bisa membantu para korban penyalahgunaan narkoba.

“Wilayah Madura Jawa Timur merupakan kategori “Zona Merah Narkoba” agar masing masing wilayah selain Pamekasan segera membentuk Institusi Penerima Wajib Lapor (IPWL) korban narkoba, ” katanya, Sabtu (15/4/2017).

Selain itu,  Direktur Rehabilitasi mengharapkan setiap Instansi atau Sekolah agar membuat Satgas Anti Narkoba yang diprakarsai oleh BNK atau Polres Setempat. Pemateri kedua yaitu dari BNK Kab Pamekasan yang menyampaikan beberapa hal, antara lain tingkat pengguna narkoba dan korban penyalahgunaan narkoba sudah merambah ke Sekolah sekolah dan Ponpes, sehingga perlu adanya kerja sama atau kolaborasi para Tokoh ulama atau Kyai dengan pihak Kepolisian dalam upaya pencegahan dan pengendalian penyalahgunaan narkoba.

Keberhasilan dalam menangani darurat narkoba di Indonesia di nilai dari beberapa aspek, pertama kemauan dan kemampuan masyarakat untuk tidak menggunakan Narkoba, kedua kemauan dan kesadaran masyarakat untuk melakukan rehabilitasi terhadap keluarganya yang ketergantungan narkoba melalui IPWl dan yang ketiga kemauan masyarakat berpartisipasi dalam upaya Pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan narkotika.

Pemateri terakhir yaitu dari Lembaga Sosial Rehabilitasi Pamekasan (Ghana Pamekasan) menyampaikan 3 hal anatara lain

1) Ghana siap membantu warga masyarakat yang merasa ketergantungan/kecanduan narkoba untuk di rehabilitasi.

2) Dalam rangka program rehabilitasi diharapkan masyarakat berperan aktif sebelum keluarganya menjalani proses hukum..

3) Diharapkan Wilayah Kabupaten Yang ada di madura bersama sama untuk menyelamatkan para korban penyalahgunaan narkoba dengan mendirikan tempat rehabilitasi seperti Ghana yang sudah terbentuk di Pamekasan.

Acara diakhiri dengan pemberian secara simbolis Sertifikat dari Bupati Pamekasan kepada Waskito Budi Laksono Msi selaku Direktur  Rehabilitasi Departemen Sosial RI.

Penulis     :Sugeng

Editor       :Umi Fadhilah

Publish     :M.Sholeh

Admin Polri54898 Posts

tribratanews.polri.go.id "Portal Berita Resmi Polri : Obyektif - Dipercaya - Patisipatif"

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password