Surfing Internasional di Buka Asisten Deputi Pengembangan Promosi Pariwisata Mancanegara

Tribratanew.polri.go.id – Polres Lampung Barat. Salah satu untuk memeriahkan Hari Ulangtahun Kabupaten Pesisir Barat banyak kegiatan yang digelar salah satunya kegiatan Surfing Internasional 2017 Krui pro WSL QS1000 di pantai karang ngimbur kawasan wisata Tanjung setia, Pekon Tanjung Setia, kecamatan Pesisir Selatan, kabupaten Pesisir Barat. Kegiatan di mulai pada Sabtu 15 s/d 20/04/2017 dan diikuti 71 peserta dari mancanegara.

Tampak hadir dalam kegiatan tersebut Mentri pariwisata yang diwakilkan oleh asisten deputi pengembangan promosi pariwisata mancanegara Ratna Suranti, MA., Anggota DPR RI Sudin, SE., Gubernur Lampung yang diwakili staf ahli gubernur bidang pemerintahan hukum dan politik Teresia Soni, Anggota DPRD Prov Lampung Yanwar Irawan, SE, MM., Dandrem Gatam 043 Kolonel inf. Hadi Basuki, S,sos, MM, Bupati pesisir barat Dr. Drs. Agus Istiqlal, SH, MH, Kapolres Lampung Barat AKBP Andy Kemala,S.Ik,M.M., Dandim 0422 Letkol Iskandar,SH, M.Han, Wakil Bupati Pesisir Barat Erlina, SP, MH, ketua DPRD kab. Way kanan Nikman, dan unsur forkopimda kabupaten Pesisir Barat.

IMG_4758Dalam sambutan Gubenur Lampung di wakilkan oleh staf ahli gubernur bidang pemerintahan hukum dan politik Teresia Soni mengatakan, Atas nama Pemerintah Provinsi Lampung, saya mengucapkan selamat datang di Provinsi Lampung, khususnya di Kabupaten Pesisir Barat kepada peserta Surfing Contest, baik dari lokal, nasional maupun Internasional.

saya mengapresiasi dan menyambut baik diselenggarakannya kegiatan ini, selain merupakan rangkaian kegiatan HUT“ Kabupaten Pesisir Barat, juga sebagai wahana untuk Mempromosikan Provinsi Lampung, khususnya Kabupaten Pesisir Barat sebagai Destinasi Wisata, Meningkatkan perekonomian masyarakat, dan Membangkitkan usaha dan peluang bisnis bagi para pelaku Wisata.

IMG_4793Sebagaimana diketahui, Provinsi Lampung memiliki potensi objek wisata yang beragam, mulai dari Gunung Krakatau, Pulau Sebesi, Teluk Kilauan, Pantai Tanjung Setia, Menara Siger, Sekolah Gajah dan Objek wisata lainnya.

Salah satu daya tarik wisata Lampung yang telah dikenal luas oleh wisatawan, baik mancanegara dan nusantara adalah Pantai Tanjung Setia yang terletak di Krui Kabupaten Pesisir Barat. Pantai Tanjung Setia memiliki pemandangan alam yang indah dan juga merupakan tempat yang ideal untuk wisata bahari minat khusus, seperti berselancar atau surfing karena memiliki ketinggian ombak mencapai mencapai 2-4 meter. Untuk itu sangatlah tepat apabila kegiatan surfing di laksanakan di Pantai Tanjung Setia.

Kabupaten Pesisir Barat juga memiliki seni budaya yang bernilai tinggi serta adat istiadat yang sangat unik. Kesemuanya ini merupakan modal dasar dalam menumbuh-kembangkan dan menghidupkan kepariwisataan, yang diharapkan dapat dijadikan ”andalan” pemasukan devisa bagi Kabupaten Pesisir Barat. Saya merasa gembira karena Pantai Tanjung Setia sudah dilirik oleh wisatawan mancanegara dengan menjadikan pantai ini tempat surving.

IMG_4825Saya percaya kalau pantai ini benar-benar ditata dapat menjadi “Kuta-Bali” kedua. Terlebih lagi, Kabupaten Pesisir Barat memiliki bentang pantai kurang lebih 210 Km yang melintasi dari arah Barat Laut ke Tenggara dengan pantai yang berpasir dan berbukit terjal yang berhadapan langsung dengan Samudera Indonesia.

Akhirnya, saya minta kepada peserta lomba untuk menunjukkan kemampuan terbaik, junjung tinggi sportivitas dan fair play, selama mengikuti surfing contest ini. dengan demikian, setiap kemenangan yang diraih tidak akan menciderai nilai-nilai luhur olahraga,”Ucapnya.

Sementara sambutan dari Bupati Pesisir Barat Dr. Drs. Agus Istiqlal, SH, MH, mengatakan, sebagai upaya pengembangan pariwisata Kabupaten Pesisir Barat dalam rangka mewujudkan destinasi wisata unggulan serta untuk membuktikan bahwa Kabupaten Pesisir Barat layak dijadikan venue untuk cabang olahraga surfing pada asian games XVIII 2018, maka kami menggelar kompetisi surfing internasional yang bertajuk krui pro 2017 Wsl Qs 1000 Surfing Competition. kegiatan ini dilaksanakan mulai tanggal 15 sampai dengan 20 april 2017 bertempat di pantai yang sudah terkenal dengan keindahan ombaknya sampai ke mancanegara, yaitu pantai tanjung setia.

setiap tahunnya Kabupaten Pesisir Barat dikunjungi lebih dari dellapan ribu wisatawan asal mancanegara yang tujuannya adalah untuk bermain surfing dengan meniti gulungan ombak yang sangat tinggi disepanjang garis pantai Kabupaten Pesisir Barat.

kami mewakili masyarakat pesisir barat merasa bangga terhadap pelaksanaan kejuaraan surfing internasional ini karena merupakan kejuaraan resmi yang diakui dunia. perlu saya jelaskan bahwa peserta dari kejuaraan ini adalah atlit-atlet surfing profesional yang berasal dari berbagai negara didunia.

sedangkan panitia penyelenggara kejuaraan surfing ini merupakan tim kepanitiaan yang profesional serta telah memiliki sertifikasi bertaraf internasional. oleh sebab itu, kejuaraan surfing yang kita laksanakan sudah sewajarnya apabila ditetapkan sebagai kompetisi yang bergengsi.

hal ini, perlu memperoleh perhatian khusus dari semua pihak sebab walaupun kejuaraan surfing internasional ini dilaksanakan dengan fasilitas yang belum memadai akan tetapi telah mewakili negara indonesia sebagai penyelenggara event yang diakui dunia internasional.

IMG_4744akhirnya atas nama pribadi dan pemerintah pesisir barat saya mengucapkan terima kasih serta apresiasi yang setinggi-tingginya kepada pihak kementerian pariwisata republik indonesia, kementerian pemuda dan olahraga, pemerintah provinsi lampung, koi, inasgoc, psoi, serta pihakpihak lain yang tidak bisa kami sebutkan satu persatu yang telah membantu sehingga terselenggaranya kejuaraan tingkat internasional.

Kemudian sambutan selanjutnya dari Mentri pariwisata yang diwakilkan oleh asisten deputi pengembangan promosi pariwisata mancanegara Ratna Suranti, MA., mengatakan, dengan suwadaya dan kekuatan yang ada dimuali dari iuran untuk bisa melaksanakan kegiatan ini, semua saya ucapakan trimakasih utuk semangatnya kepada Bupati Pesisir Barat.

Kami yakin bahwa penyelenggaraan kejuaraan dunia ini akan berdapak pada banyak hal pada penginapan dari akomodasi akan di penuhi kemudian pada sektor makanan sektor kuliner kemudian sektor cidera mata dan sektor-sektor lain yang akan menjadi ikutan. dari pariwisata kami berharap dapat terus di kembangkan dan trimakasih kepada ketua penyelenggara yang sudah mengajak pihak pemerintah daerah. kami berharap krui atau tanjung setia ini akan menjadi pelopor yang luar biasa dalam kejuaraan dunia, “Tuturnya.

Kegiatan di lanjutkan dengan pemukulan Gong oleh asisten deputi pengembangan promosi pariwisata mancanegara Ratna Suranti, MA., dan di ikuti seluruh Forkopimda sebagai tanda di bukanya Acara Surfing Internasional 2017. Serta di lanjutkan dengan penampilan kesenian budaya Budindang dari Kecamatan Pulau Pisang.

Penulis         : Edi Susanto

Editor           : Umi Fadilah

Publish         : Edi Susanto

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password