Kasat Intelkam Polres Tanggamus Apresiasi Silaturahmi Pemuda Lintas Agama Pringsewu Lampung

Tribratanews.polri.go.id – Kepala Satuan Intelijen Keamanan (Kasat Intelkam) Iptu Andi Yunara, SH., MH., mengadiri silaturahmi pemuda lintas agama antara Pengurus Cabang GP Ansor dan Komisariat Pemuda Khatolik Kabupaten Pringsewu di Gedung Nahdlatul Ulama Pekon Ganjaran Kecamatan Pagelaran. Sabtu (15/4/17).

Pada kesempatan itu, Ketua Pemuda Katolik Pringsewu Robertus Didik Budiawan mengatakan bila kegiatan silaturahmi ini merupakan agenda resmi Kepengurusan Pemuda Katolik Pringsewu.

“Tujuan kami untuk silaturahmi sekaligus memperkenalkan pengurus Komisariat Cabang PK Pringsewu kepada sahabat GP Ansor,” ujar Didik dalam sambutannya.

Ketua GP Ansor Pringsewu M.Sofian memberikan cindramata kepada ketua PK Pringsewu R.Didik Budiawan pada Silaturahmi pemuda antar lintas agama yang dihadiri oleh Kasat Intelkam Polres Tanggamus Iptu Andi Yunara, SH., MH.,  Andi di Gedung NU Pringsewu.
Ketua GP Ansor Pringsewu M.Sofian memberikan cindramata kepada ketua PK Pringsewu R.Didik Budiawan pada Silaturahmi pemuda antar lintas agama yang dihadiri oleh Kasat Intelkam Polres Tanggamus Iptu Andi Yunara, SH., MH.,  Andi di Gedung NU Pringsewu.

Ia memaparkan secara Nasional Pemuda Katolik resmi dibentuk sejak 15 November 1945 silam bertempat di Jokjakarta.

“Pemuda Katolik berkiprah untuk gereja dan negara. Pemuda Katolik berkomitmen menjaga NKRI dan akan konsisten mengedepankan persatuan, kekeluargaan, dan toleransi,” ujarnya.

Sementara ketua GP Ansor Pringsewu M Sofian mengatakan GP Ansor lahir sejak tahun 1934. Menurutnya GP Ansor sangat terbuka dengan silaturahmi yang digagas oleh Pemuda Katolik. “GP Ansor terbuka lebar, jangan cuma dengan PK tapi dengan pemuda lainnya seperti pemuda hindu, budha, protestan, bahkan dengan pemuda tionghoa kami tunggu, tolong pak Kasat Intel agar dibantu untuk wadah pemuda lintas agama di Kabupaten Pringsewu,” imbuhnya.

M. Sofian berpesan sebagai pemuda harus saling menghargai dan menghormati perbedaan. Dia juga mengingatkan maraknya media sosial (medsos) yang belakangan ini meresahkan berupa konten provokasi. “Dengan tegas GP Ansor menentang keras upaya upaya yang mau memecah belah NKRI. Jadi jangan mudah terpancing dengan isu SARA, termasuk bagi kelompok yang mau memecah belah kerukunan antar umat beragama akan kami lawan,” tegasnya.

Terpisah Kasat Intelkam Polres Tanggamus Iptu Andi Yunara mengapreasi adanya silaturahmi antar Pemuda lintas agama ini. Dikatakannya Pemuda adalah aset dunia dan aset alam semesta oleh karena itu selaku pemuda harus garda terdepan menjaga kerukunan khususnya antar umat beragama.

“Beberapa konflik besar yang terjadi adalah akibat ulah Pemuda seperti contoh Balinuraga (Lamsel), hal seperti itu tidak boleh terjadi lagi, pemuda harus inisiator menjaga kerukunan. Kita beragam tapi harus hidup tentram bersama sama menjaga NKRI,” katanya

Kasat  juga berharap agar silaturahmi seperti ini terus berkelanjutan. Dan terpenting, kata dia, GP Ansor dan PK agar melihat kalender sehingga setiap peringatan hari besar agama boleh bergantian untuk turun menjaga keamanan. Misalnya saat Lebaran Idul Fitri, PK boleh turun dengan memakai atributnya. Sebaliknya saat perayaan Natal GP Ansor turun menjaga keamanan dengan catatan bukan berarti untuk ikut ibadah.

“Mari kita marathon mengajak pemuda pemuda lain yang belum bergabung supaya kita sama sama jalan menjaga keamanan kabupaten Pringsewu,” tandasnya. (*)

Penulis  : N.Muslih
Editor     : Umi Fadilah
Publish  : N.Muslih Lpg

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password