Hari Terakhir Penerimaan Polri, 192 Pendaftar Ikuti Tes Perdana Calon Anggota Polri Di Polres Brebes

Tribratanews.polri.go.id, Brebes – Sejumlah 192 pendaftar calon anggota Polri resmi terdaftar di Polres Brebes Polda Jateng. Pada hari penutupan Sabtu kemarin (15/4/2017), panitia mencatat 7 pendaftar online dinyatakan lolos verifikasi.

“Hari Minggu (16/4/2017) para peserta akan  menjalani tes administrasi. Dokumen peserta mulai ijazah sampai  hingga kartu keluarga akan diperiksa,” papar Kabag Sumda Polres Brebes, Kompol Cahyadi, mewakili Kapolres AKBP Luthfie Sulistiawan.

Ditambahkannya, guna kepentingan tersebut, pihaknya menggandeng petugas dari sejumlah instansi. Tercatat Dinas Pendidikan, Catatan Sipil, Kemenag hingga LSM dilibatkan dalam kepanitiaan seleksi.

“Untuk menguji otentik tidaknya dokumen, kami mengundang instansi yang berwenang. Sedang LSM kami libatkan sebagai instrumen pengawas dari luar terhadap obyektivitas dan transparansi seleksi yang dilaksanakan,” tandasnya.

Seleksi administrasi, menurut Kabag Sumda, adalah satu-satunya tes yang dilaksanakan di tingkat Polres. Untuk tes selanjutnya, para peserta harus mengikutinya di Mapolda Jateng di Semarang. Rangkaian tes yang cukup panjang itu harus dilalui para peserta hingga pengumuman kelulusan pada pertengahan atau akhir Mei 2017.

Diimbuhkannya, peserta seleksi tahun ini mengalami peningkatan 20 persen dibandingkan tahun lalu. Tercatat pada 2016, jumlah peserta tes hanya sekitar 165 dengan 27 diantaranya lulus masuk pendidikan.

“Jumlah peserta yang meningkat ini sangat menggembirakan. Dengan jumlah yang semakin meningkat ini, kita harapkan peserta yang lulus juga semakin banyak karena kuota kelulusan juga ditentukan oleh jumlah pendaftar di masing-masing Polres,” jelas Cahyadi.

Penulis : Sarinto

Editor : Umi Fadilah

Publish : Sarinto

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password