Istano Pagaruyung, Objek Wisata di Ranah Minang

Tribratanews.polri.go.id – Polda Sumbar, Provinsi Sumatera Barat sangat terkenal dengan berbagai adat, suku, budaya, makanan dan juga rumah adat yang memiliki arsitektur yang indah dan memiliki atap bergonjong seperti tanduk kerbau yang merupakan ciri khas Ranah Minang.

Salah satu rumah adat yang sering dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun mancanegara adalah Istana Basa atau yang bisa dikenal dengan Istano Pagaruyung yang terletak di Kecamatan Tanjung Emas Batu Sangkar Kabupaten Tanah Datar.

Saat ini Istano Pagaruyung merupakan replika dari yang asli setelah beberapa kali terjadi kebakaran yang hebat, salah satunya kebakaran yang terjadi pada tahun 2007 yang lalu.

Saat musim liburan panjang, lokasi ini ramai dikunjungi oleh para wisatawan yang hendak melihat wisata budaya kebanggaan warga masyarakat Minangkabau.

IMG-20170416-WA0028

Pantauan tribratanews.polri.go.id tadi siang, ratusan pengunjung memasuki lokasi tersebut. Selain untuk melihat bentuk keindahan rumah adat, pengunjung juga memanfaatkannya dengan berfoto yang latarbelakangnya terlihat keindahan Istano Pagaruyung.

Harga untuk masuk ke Istano Pagaruyung ini juga cukup dibilang murah, untuk turis lokal dewasa akan dikenakan tarif Rp 7.000 sedangkan turis mancanegara dikenakan tarif Rp 12.000. (*).

Penulis : R. Fauzi
Editor : Umi Fadilah

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password