Polres Sinjai Amankan Jalur Sinjai One Day Trail Adventure 2017 Seri Kedua

Tribratanews.polri.go.id – Sinjai Sulsel, Kepolisian Resor Sinjai mengamankan kegiatan Sinjai One Day Trail Adventure 2017 Seri Ke- 2 (Dua) dalam rangka memeriahkan HUT Kabupaten Sinjai Ke- 453 tahun 2017 dan menyambut HUT Bhayangkara ke-71 tahun 2017, Minggu (15/04/17).

Kegiatan pengamanan dikoordinir oleh Kepala bagian operasi resor sinjai Komisaris Polisi (Kompol) Aminullah Mansyur dengan melibatkan 229 personil gabungan fungsi dan polsek sesuai surat perintah kapolres sinjai.

Dalam menyukseskan event tersebut diploting personil pengamanan yang bertugas dibeberapa pos sepanjang rute jalur Adventure yang akan melalui enam kecamatan dikabupaten sinjai dengan jarak tempuh 90 km, sekaligus membantu raider yang mengalami kesulitan dalam menempuh perjalanan yang menantang.

Kegiatan dilepas secara resmi oleh bupati sinjai H. Sabirin Yahya, S.Sos dan diikuti Kapolres Sinjai Akbp H. Agus Dwi Hermawan, S.Ik selaku Pembina STRAC sinjai, Bupati Selayar, wakil bupati sinjai, ketua DPRD sinjai, Dandim 1424 sinjai, Kapolres Wajo, Kapolres Jeneponto, dan Kapolres Soppeng.

Jalur kali ini menempuh jarak sepanjang 90 km, diikuti oleh peserta 1200 Rider yang berasal dari berbagai kota se- sulawesi selatan dan juga diikuti dari luar kota provinsi sulsel di antaranya dari kolaka timur (koltim), lumbang samba kalimantan timur, pasang kayu pastrac sulbar, mamuju tengah (Mateng), dan sulteng, kegiatan Adventure  merupakan ajang silahturahmi untuk memupuk rasa persaudaraan para rider dengan menyediakan hadiah utama berupa 1 unit mobil TATA dan 10 unit motor Honda Revo.

One Day Trail Adventure 2017 Seri kedua tidak terlepas dari manfaat yang didapat dari olahraga tersebut, nah manfaat apa saja yang bisa kita dapat dari olahraga motor trail, berikut berikut beberapa manfaatnya.

  1. Menjalin Persaudaraan
    Dalam adventure trail biasanya diikuti oleh berbagai komunitas/ klub trail dari berbagai penjuru, sehingga kita bisa berkenalan dan menjalin persaudaraan dengan rekan-rekan yang hobi ngetrail bahkan sampai ada idiom “satu jalur saudara selumpur”.
  2. Menambah Relasi dan Koneksi
    Event Adventure biasanya juga diikuti oleh semua lapisan masyarakat, dari yang bermodal pas-pasan sampai nekat, dari yang membawa motor trail “odong-odong” sampai motor trail yang bernilai ratusan juta semua ada, dan perlu diketahui diantara sekian banyak maniak trail terdapat pula orang-orang penting yang juga hobi ngetrail. Dari jajaran Pemerintahan banyak Gubernur, Bupati, Walikota, Camat sampai Kepala Desa yang mengikuti even trail. Untuk jajaran TNI dan Polri ada banyak Perwira setingkat Kapolres, Dandim, Danrem bahkan Pangdam yang juga hobi ngetrail, Pengusaha kelas kakap dan para eksekutif muda yang menginginkan eksistensi banyak juga yang ikut serta, sehingga banyak ruang dan waktu bagi yang berkepentingan untuk melakukan pendekatan, lobi-lobi politik maupun bisnis yang biasa dilakukan waktu njalur bersama atau pada waktu istirahat setelah melahap trek.
  3. Menumbuhkan Rasa Empati
    Dalam Adventure tidak jarang kita menemui motor kawan sekomunitas kita ataupun komunitas lain yang mogok, trouble, njungkel dalam melewati trek yang ada, kadang kita mau tidak mau empati paling sedikit yang ditunjukkan adalah dengan menyapa rombongan yang mengalami trouble tersebut, bahkan tak jarang banyak yang sudi untuk berhenti dan membantu masalah trouble tersebut, meskipun sebelumnya tidak saling kenal.
  4. Melatih Konsentrasi dan Fokus Pikiran
    Berbagai macam bentuk dan jenis jalur yang ada dalam even adventure, menuntut kita untuk konsentrasi dalam jalur dan fokus dalam menghadapi trek tersebut, tak sedikit kejadian accident yang terjadi dalam adventure disebabkan karena pengendara motor tidak fokus dan kurang konsentrasi.

Melatih Cepat Mengambil Keputusan dan Mengukur Kemampuan Diri Sendiri
yang paling penting dalam adventure trail adalah kita mampu mengukur kemampuan motor kita, skill dan kondisi pribadi kita, sebagai contoh dalam adventure pasti ditemui jalur ekstrem atau bahkan yang super ekstrem, nah disitu kita bisa mengukur apakah kita mampu melalui jalur tersebut, apabila tidak mampu maka tidak perlu dipaksakan, maka kita mengambil jalur fun atau mlipir saja, selain itu keputusan untuk mengambil jalur ekstrem atau mlipir harus diputuskan dengan cepat, kalau tidak cepat biasanya akan menimbulkan penumpukan dijalur alias antrian yang panjang.

Penulis : Taufik

Editor : Umi Fadilah

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password