Peduli Keamanan, Bhabinkamtibmas Polsek Ponrang Bersama Warga Perbaiki Poskamling

Tribratanews.polri.go.id – Luwu Sulsel, Bhabinkamtibmas Polsek Ponrang Polres Luwu Brigpol Fadli dibantu salah seorang warga memperbaiki Poskamling di Dea Balutan Kec. Ponrang Kab. Luwu, Rabu (12/4/17).

Brgpol Fadli yang sangat peduli terhadap keamanan di wilayah binaannya, berupaya untuk mengaktifkan kembali Pos Pos Kamling yang selama ini terbengkalai, dia merencanakan untuk memperbaiki semua Pos Kamling yang ada di Desa Binaannya.

Sebagai contoh Pos Kamling di Dea Balutan ini di perbaikinya terlebih dahulu, dan Pos-Poskamling berikutnya ia akan kerahkan warganya untuk membuat yang lebih baik lagi sesuai standar, tahun ini Desa Balutan diikutkan dalam lomba Desa se Provinsi Sulawesi Selatan.

“Saya akan berikan contoh terlebih dahulu tentang Pos Kamling yang layak untuk di jadikan tempat istirahat para petugas Pos Kamling, sehingga para petugasnya betah untuk menempatinya,” imbuh Fadli.

Sistem Keamanan Lingkungan atau siskamling merupakan sebuah sistem keamanan yang sudah ada di setiap daerah baik perkotaan maupun pedesaan. Maksud dan tujuannya adalah menumbuhkembangkan sikap mental serta meningkatkan kepekaan masyarakat dan daya tanggap dalam mewujudkan ketertiban dan keamanan lingkungannya.

Sistem keamanan lingkungan ini sudah cukup membudaya di Indonesia. Biasanya kaum bapak pergi ke poskamling di malam hari untuk melakukan kegiatan ronda. Sejarah pos ronda di Indonesia konon katanya berawal dari pos-pos penjaga di jaman kolonial. Pada waktu itu Pos Jaga berfungsi sebagai perpanjangan dari menara-menara dari kekuasaan kolonial untuk membatasi ruang gerak oriundi (pribumi).

Tapi semenjak jaman kemerdekaan pos jaga/gardu mengalami perubahan fungsi menjadi pengukuhan bentuk militerisme dalam kemasan yang lebih sederhana dan terasa merakyat. Ketika warga duduk sejajar dalam satu atap pos ronda, yang kental dengan nuansa sama rasa dan sama asa. Inilah gambaran dari kesederhanaan yang jauh dari potret keangkuhan manusia kota.

Pos ronda menjadi saksi bisu, warga yang silih berganti datang dan pergi, menghiasi wajah poskamling yang tak pernah sepi. tidak hanya itu saja, terkadang pos ronda dijadikan sarana dan prasarana untuk dijadikan tempat kongkow bersama warga sekitar untuk bertukar keluh kesah dan bahkan dijadikan tempat talk show kaum ibu secara live di pos ronda sebagai bumbu pelengkap rasa.

Bisa dikatakan poskamling merupakan jejaring sosial tradisional warga desa yang terbuka untuk semua segmentasi usia dan gender. Melalui kegiatan ronda, rasa saling memiliki dan mempererat tali silaturahmi semakin tumbuh subur. Security kampung yang bekerja secara sukarela dan dengan penuh dedikasi menjaga daerahnya. Jangan sampai budaya ronda terbawa arus modernisasi khas perkotaan, tradisi keamanan simplicity akan tergantikan dengan adanya pos keamanan yang di kawal oleh seorang security/satpam.

Poskamling merupakan istilah dari pos keamanan lingkungan. Bila kita perhatikan keamanan dan ketertiban lingkungan sangat penting adanya. Untuk mewujudkannya lingkungan yang aman dan nyaman, maka perlu dibangun kembali pos sistem keamanan lingkungan atau Poskamling dan pos jaga di sejumlah wilayah.

Peran serta masyarakat untuk menjaga keamanan wilayah sangat penting. Tujuan diadakannya poskamling itu sendiri adalah untuk menjaga keamanan. Aparat tanpa didukung peran serta masyarakat juga hasilnya tidak akan bisa maksimal. Dengan peran serta warga maka akan lebih mudah menciptakan lingkungan yang aman, tertib dan nyaman.

Meskipun terlihat sederhana poskamling keberadaannya sangat penting. Melalui pengadaan poskamling keamanan lingkungan perumahan akan lebih terjaga dari tindakan kejahatan. Sistem keamanan lingkungan pada lingkungan perumahan perlu untuk diberdayakan. Hal ini bisa dilakukan melalui penjadwalan untuk menjaga lingkungan perumahan mereka.

Keberadaan pos kamling ini difungsikan menjadi sebuah tempat untuk melakukan pengawasan dan pengamanan lingkungan warga masyarakat setempat sebagai pengamanan swakarsa. Seyogyanya, tempat yang dibangun oleh swadaya masyarakat ini perlu adanya perawatan, sehinga layak dipergunakan sebagai tempat istitahat para petugas pos kamling.

Brigpol Iwan Antoni, SH selaku Bhabinkamtibmas Polsek Ponrang, Polres Luwu, Polda Sulsel dan Kepala Desa Basiang Timur, Anwar bersama-sama masyarakat Dusun Kabukka, Desa Basiang Timur, Kecamatan Ponrang Selatan, Kabupaten Luwu, Rabu, 1 Februari 2017 bergotong-royong memperbaiki bangunan pos kamling. Disamping memperbaiki pos kamling yang sudah mulai terlihat rusak, sekaligus melakukan pengecatan, sehingga pos kamling tersebut nampak baik dan layak.

“Pos Kamling ini harus dirawat, agar para petugas Pos Kamling betah untuk melaksanakan ronda di waktu malam hari,” kata Bripka Iwan Antoni, SH.

Penulis : Abd Rahman

Editor : Umi Fadilah

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password