Anak di Hujat Orang Tua Melapor Bhabinkamtibmas Bikin Akur

IMG-20170414-WA0058

Tribratanews.polri.go.id. Polresta Surakarta.
Tak terima anak laki-lakinya dibilang ‘koyok kirik’ (seperti anak anjing – red), LPH seorang warga Tegalayu RT 01 RW 02 Bumi Laweyan Surakarta melaporkan N yang merupakan warga Reksogadan RT 01 RW 04 Bumi Laweyan Surakarta atas kasus Penghinaan.
LPH datang melapor ke Polsek Laweyan Surakarta pada Senin sore (10/04/2017) karena merasa tersinggung atas ucapan N tersebut. Diterima oleh Bripka Galuh Sudarmono, LPH nenuntut N untuk ditahan atas perbuatannya yang dinilai telah menghina dirinya dan P (5) anaknya. Dengan santun Bripka Galuh Sudarmono menjelaskan bahwa Polri menerima laporan dari LPH, namun dijelaskan pula bahwa Polri tidak bisa melakukan penahanan terhadap seseorang atas dasar laporan suatu kasus yang ancaman pidananya dibawah 5 tahun, sedangkan kasus Penghinaan Ringan seperti yang dilaporkan ini ancaman pidananya adalah 4 bulan 2 minggu. Bripka Galuh Sudarmono lantas menawarkan solusi untuk dilakukan mediasi terlebih dulu oleh Bhabinkamtibmas setempat. LPH pun setuju atas saran tersebut. Maka pada Jumat (14/04/2017) Bhabinkamtibmas Kelurahan Bumi Aiptu Bambang Iswianto dengan mengundang Ketua RT dari masing-masing Pelapor maupun Terlapor telah mempertemukan LPH dan N di kediaman LPH untuk dilakukan mediasi memecahkan masalah yang terjadi diantara keduanya. Pada kesempatan itu Aiptu Bambang Iswianto memberikan pengertian dan pembinaan kepada kedua belah pihak agar lebih mengedepankan upaya perdamaian, saling memaafkan, dan saling menghormati baik dengan perbuatan maupun perkataan yang baik dan santun. Upaya mediasi ini berhasil, kedua belah pihak saling menyadari dan bersedia berdamai. Selanjutnya mereka sepakat dan menandatangani Surat Pernyataan di depan Bhabinkamtibmas dan dua saksi yaitu Ketua RT masing-masing.
Menjalani peran dan tugas sebagai Bhabinkamtibmas tentunya dituntut untuk memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik, kemampuan memediasi, menjadi penengah sekaligus pemberi solusi atas kompleksnya permasalahan yang terjadi di dalam masyarakat. Kemampuan ini wajib dimiliki seorang Bhabinkamtibmas sebagai bekalnya terjun ke tengah masyarakat.

Penulis : Heri Laweyan
Editor   : Umi Fadilah
Publish : Sumarjo

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password