Hari Kedua Rikmin Awal, Ratusan Casis Padati Polres Sinjai

Tribratanews.polri.go.id – Sinjai Sulsel – Memasuki hari kedua Pemeriksaan Administrasi (Rikmin) awal penerimaan Polri tingkat Kabupaten, ratusan Calon Siswa (Casis) padati lapangan Tennis Mapolres Sinjai, Jumat pagi (14/04).

Casis yang terbagi dalam 3 (tiga) kategori yakni Bintara PTU (Polisi Tugas Umum), Bintara Musik dan Bintara Teknologi Informasi (TI) ini akan menjalani beberapa tahapan hingga akhirnya dianggkat jadi Sisiwa Bintara (Seba) Polri.

Menurut Kepala Bagian Sumber Daya (Kabag Sumda) Kompol Amir Yahya, SH., M.H, kegiatan ini merupakan awal dari tahapan penerimaan Polri, “dalam Rikmin ini kita libatkan Tim Internal dari Polres Sinjai dan Tim Eksternal yang sengaja kita undang dari Dinas Pendidikan serta Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil”, ucapnya.

“Tim ini nantinya akan memeriksa keaslian Ijazah serta data diri masing – masing, seperti Kartu Keluarga (KK), Kartu Tanda Penduduk (KTP), Akte Kelahiran dan Surat Domisili, maka dari itu kita undang”, pangkas Perwira Menengah kelahiran Bone tersebut.

Kegiatan Rikmin ini juga di awasi ketat Tim Pengawas Internal dari Seksi Propam Polres Sinjai dengan mengedepankan prinsip Bersih, Transparan, Akuntabel dan Humanis (BETAH) dalam seleksi penerimaan Polri T.A. 2017.

Sosialisasi mengenai prinsip BETAH dalam penerimaan Polri telah dilakukan jauh hari oleh Polres-Polres jajaran Polda Sulsel, seperti menyebar brosur penerimaan Polri di jalan-jalan dan rumah-rumah makan, live di radio, live di tv, masuk ke sekolah-sekolah dan lain-lain untuk mengkampanyekan penerimaan anggota Polri di Tahun 2017 yang Bersih Transparan Akuntabel dan Humanis (BETAH).

Komitmen untuk menerapkan prinsip BETAH terlihat saat panitia penerimaan Calon Siswa (Casis) Polri tahun 2017 jajaran Polda Sulsel diambil sumpah dan menandatangani Pakta Integritas, Selasa (21/2). Kegiatan ini dipimpin langsung Asisten Sumber Daya Manusia Kapolri, Irjen Polisi Arif Sulistianto melalui video conference (Vicon).

Agar proses seleksi anggota Polri tahun 2017 bersih dan transparan, Asisten SDM Polri, Irjen Arief Sulistyono melalui Vicon Polda se-Indonesia memerintahkan petugas seleksi untuk disumpah.

“Sumpah ini bukan kepada Kapolri, tetapi kepada Allah,” kata Irjen Pol Arief Sulistyono saat memimpin prosesi pengambilan sumpah.

“Saya berjanji bahwa saya akan menjalankan tugas seleksi penerimaan anggota polisi dengan penuh tanggungjawab, jujur, objektif dalam setiap proses penerimaan,” ucap seluruh panitia penerimaan Polri Polda Sulsel tahun 2017 secara serentak melalui Vicon.

Pengambilan sumpah ini dimaksudkan untuk menjamin transparansi dalam proses penerimaan Polri yang akan dilaksanakan oleh Polda Sulsel dalam waktu dekat ini. Bila calon diketahui berbuat kecurangan, maka akan dicatat dan dipidanakan. Dan untuk anggota Polri, akan diberikan sanksi disiplin.

Penulis : Abu Uwais

Editor : Umi Fadilah

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password