Perayaan Paskah di Kota Kediri : Personel Bersenjata Antisipasi Terorisme dan Aksi Kejahatan

Tribratanews.polri.go.id – Polres Kediri Kota-Polisi mulai patroli pengamanan di sejumlah gereja jelang perayaan Jumat Agung (14/4), wafat Isa Almasih. Kemarin, yang dipantau adalah Gereja Maria Lourdes di Desa Puhsarang, Kecamatan Semen. Kegiatan ini mengantisipasi gangguan keamanan maupun aksi terorisme.

Petugas Satsabhara Polres Kediri Kota tiba di gereja Puhsarang sekitar pukul 10.00. Ada 9 personel beserta satu anggota Babinkantibmas Polsek Semen.

“Seminggu sebelum Paskah kami telah kerahkan anggota dan konsen melakukan pengamanan gereja-gereja di wilayah hukum kami,” terang Kapolres Kediri Kota AKBP Anthon Haryadi.

Gereja Puhsarang termasuk prioritas karena jumlah jemaatnya banyak. Selain dari Kediri, umat Nasrani yang datang nanti juga dari luar kota. Diprediksi akan ada 800-an lebih jemaat yang hadir pada acara Kamis Putih yang diperingati Kamis malam (13/4).

Anthon menambahkan, sampai kegiatan akhir prosesi Paskah hingga hari Minggu akan tetap bersiaga. “Kami juga koordinasikan dengan TNI dan pemuda gereja untuk pengamanan gereja-gereja di wilayah kami,” papar perwira Polri berpangkat melati dua di pundaknya ini.

Dalam pengamanan tempat ibadah ini, polisi dilengkapi senjata lengkap. Itu untuk mengantisipasi aksi teror. Selain telah dibekali kemampuan menembak, keahlian beladiri pun telah dipersiapkan guna menunjang ketenteraman ibadah jemaat pada Paskah kali ini.

“Kami lakukan pengamanan dengan beberapa ring dan kami siap mengamankan Paskah di gereja-gereja,” tegas mantan Kasatsabhara Polrestabes Surabaya ini.

Tepisah, dikonfirmasi saat patroli di Gereja Puhsarang. Kanit Patroli Satsabhara Polres Kediri Kota Aiptu Suryono menerangkan, prosesi Paskah akan dimulai Kamis ini hingga Minggu. Polisi akan menerjunkan anggotanya dari Polsek Semen di-backup dengan anggota Polres Kediri Kota.

Tak hanya itu, ternyata kemarin siang anggotanya tak hanya melakukan pengamanan dan patroli di gereja Puhsarang. Mereka juga patroli dengan sepeda motor dan sepeda kayuh. Pihaknya juga melakukan pengamanan gereja-gereja di wilayah Kota Kediri. “Kami terjunkan semua anggota kami, dan menyebar untuk mengetahui situasi dan kondisi,” tegas Suryono

Penulis : DIDIK (res)
Editor : Umi Fadilah
Publis : DIDIK (Res Kdr Kota)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password