3 Tersangka Ditangkap, 20 Juta Uang Palsu Disita Satreskrim Polres Banjarnegara

Tribratanews.polri.go.id – Polres Banjarnegara. SD (37) yang berprofesi sebagai petani asal Desa Somawangi Kecamatan Mandiraja Kabupaten Banjarnegara ditangkap bersama 2 rekannya akibat perbuatannya mengedarkan uang palsu di Banjarnegara.

Kejadian bermula saat SD melakukan pembayaran usai berkaraoke di salah satu kafe di wilayah Purwanegara, Kabupaten Banjarnegara pada Senin (10/4/2017) pukul dua dini hari.

Pembayaran sejumlah Rp 1.200.000 diketahui bahwa sebagian uangnya yaitu Rp 600.000 merupakan uang palsu setelah karyawan kafe tersebut pada hari berikutnya (11/4/2017) membelanjakan uang tersebut ke SPBU di Kaliwinasuh.

Mengetahui hal itu, karyawan kafe tersebut kemudian memberitahukan kepada pemilik kafe. Beruntung, pemilik kafe mengetahui bahwa SDlah yang membayar karaoke menggunakan uang tersebut.

Selanjutnya, pemilik kafe kemudian melaporkan kejadian tersebut kepada Satreskrim Polres Banjarnegara.

Berbekal dari keterangan pemilik kafe, Satreskrim Polres Banjarnegara kemudian melakukan penyelidikan.

Dari hasil penyelidikan, kemudian pada Selasa (11/4/2017) pukul 22.00 WIB, SD ditangkap dirumahnya di Desa Somawangi Kecamatan Mandiraja Kabupaten Banjarnegara. Setelah dilakukan penggeledahan, kemudian didapatkan barang bukti sejumlah Rp 1.100.000 yang merupakan uang palsu di kantong celananya.

SD kemudian dibawa Satreskrim Polres Banjarnegara bersama barang buktinya untuk dilakukan penahanan dan penyidikan lebih lanjut.

Dari hasil penyidikan, kemudian kasus berkembang dan menangkap BHW (44) asal Desa Batursari Kecamatan Sapuran Kabupaten Wonosobo.

BHW ditangkap di wilayah Proyek Mrica bersama barang bukti uang palsu pecahan seratus ribuan dengan total Rp 18.500.000 pada kantong celananya.

Pengembangan kasus selanjutnya oleh Satreskrim Polres Banjarnegara berhasil menangkap SP (58) dari Kelurahan Kutabanjar Kecamatan Banjarnegara Kabupaten Banjarnegara, Rabu (12/4/2017) di Desa Danaraja Kecamatan Purwonegoro Kabupaten Banjarnegara pada pukul tujuh malam.

Dari tangan SP berhasil disita barang bukti berupa enam lembar kertas putih bergambar Bung Hatta yang diduga digunakan sebagai tanda air pada pecahan seratus ribuan pada uang palsu.

“Ketiga tersangka tersebut dijerat dengan pasal 36 ayat 3 UU RI No. 7 Tahun 2011 tentang mata uang karena mengedarkan dana tau membelanjakan rupiah yang diketahuinya merupakan uang palsu dengan ancaman hukuman paling lama 15 tahun penjara dan denda paling banyak lima puluh miliar rupiah.”, jelas Kasat Reskrim AKP T. Sapto N., SH, MH melalui Iptu Amin Antalsa, SH.

Penulis : Asri

Editor : Umi Fadilah

Publish : Alam /Veri

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password