Polres Tanggamus Lampung Siap Mendukung Swasembada Pangan di Wilayah Hukumnya

Tribratanews.polri.go.id – Polres Tanggamus. Kapolres Tanggamus AKBP Alfis Suhaili Sik, M.Si., menghadiri panen raya dan tanam padi perdana sekaligus temu produsen benih serta penyerahan bantuan alat mesin pertanian di UPT Balai Benih Dwi Sri dan Pekon Wates dan persawahan Rest Area Pringsewu Kecamatan Gadingrejo Kabupaten Pringsewu, Kamis (13/4/17) sekitar jam 09.00 Wib

Bertajuk “Menuju swasembada pangan di wilayah Kodim 0424 Tanggamus”. Dandim 0424 Tanggamus Letkol Inf Hista Sholeh Harahap S.Ip, dalam sambutannya, sangat bangga secara tidak langsung dapat mempertahankan Indonesia dalam swasembada ketahanan pangan sesuai dari Program Presiden Kita Joko Widodo dengan Program Nawa Cita yaitu mempertahankan ketahanan pangan.

Kapolres AKBP Alfis Suhaili bersama rombongan menuju area sawah.
Kapolres AKBP Alfis Suhaili bersama rombongan menuju area sawah.

“Peran TNI adalah Operasi Militer Perang (OMP) dan Operasi Militer Selain Perang (OMSP) salah satunya membantu peran daerah. Mohon kami di bantu bila ada kendala dapat melaporkannya sehingga kita dapat menyampaikan ke dinas yang terkait” tegasnya.

Pejabat Bupati Drs. Yuda Setiawan, MM., mengatakan Untuk masalah Pertanian Dandim memang ikut mengawal ketahanan pangan menyukseskan swasembada pangan dan walaupun kabupaten terkecil Pringsewu menjadi salah satu lumbung pangan di provinsi Lampung, dengan kepadatan penduduk tertinggi di sisi lain Pringsewu menjadi sentra jasa.

“Kondisi ini riskan salah satunya yaitu alih fungsi lahan itu tanggung jawab kita semua bagaimana kita bersama sama mempertahankan nya. Untuk mensuport air pada saat musim kemarau rencana nya Gubernur Lampung akan memberikan bantuan Pompa air tanpa energi di pringsewu. Dan saya berharap alat alat yang telah di berikan dapat di pergunakan sebagai mana mestinya” jelas Yuda Setiawan.

Sementara itu dalam sambutan Kadis Pertanian Pringsewu Ir. Iskandar Muda menerankan Luas lahan lokasi pertanian khususnya sawah di kabupaten Pringsewu ini ± 13.528 hektar dengan panen 3 kali dalam setahun dan persoalan umum adalah pada cuaca hujan sering terjadi banjir dan bila kemarau sering kekeringan.

Pembaguan alat mesin pertanian kepada Gapoktan.
Pembaguan alat mesin pertanian kepada Gapoktan.

“kami harapkan agar kiranya pemerintah dapat memetakan agar  titik titik air yang kita punya dapat di pungsikan pada saat musim kemarau” tuturnya.

Lanjutnya untuk pringsewu sendiri telah mempunyai 11 kelompok pertanian termasuk penangkar benih, dan juga Pemerintah akan memberi bantuan beberapa alat mesin pertanian (Alsintan) kepada kelompok tani di kabupaten Pringsewu sebagai alat sarana untuk di gunakan sebagai mana mestinya di antaranya Tracktor roda dua 11 unit, roda empat 2 unit, pompa air 20 unit, mesin tanam padi 20 unit, mesin panen 8 unit dan penepil jagung 2 unit.

Kapolres Tanggamus AKBP Alfis Suhaili menanam benih unggul di area pesawahan setempat.
Kapolres Tanggamus AKBP Alfis Suhaili menanam benih unggul di area pesawahan setempat.

Untuk pengamanan sendiri Polres tanggamus dan TNI menurunkan anggota personil nya untuk menjaga arus lalu lintas jalan dan keamanan serta kelancaran berjalan nya kegiatan.

Kapolres Tanggamus AKBP Alfis Suhaili, S.Ik., M.Si bersama jajarannya mendukung sepenuhnya program swasembada pangan di wilayah hukum Polres Tanggamus  melalui kedekatan Bhabinkamtibmas dan masyarakat.

“Kami mendukung penuh Swasembada Pangan melaui upaya Bhabinkamtibmas dan menjaga keamanan, kenyamanan maupun pencegahan adanya pemalsuan pendukung pertanian” ujar AKBP Alfis Suhaili.

Panen Raya Swasembada Pangan di wilayah Kodim 0424 Tanggamus ini juga Danrem 043 Gatam diwakili oleh Pasi Wanwil Mayor Arm Boob Alam, Kadis Tanaman Pangan dan Holtikultura Provinsi Lampung Ir Herlin Retnowati MP, Kepala Pengadaan Tanaman Pangan Bulog Divre Lampung Syaukani,  Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Kab Pringsewu Ir Junaidi Hasyim MM., Kadis Ketahanan Pangan Kab Pringsewu Ir Tabrani Mahfi MP, Camat Gadingrejo Dewanto Dwi Utomo SH, Kapolsek Pringsewu Kompol Hi Maimun Karim, Kapolsek Gadingrejo AKP Sarwani SE, Para Danramil Se-Kab Pringsewu,  Kepala Pekon Wates Timur Suheri, Ketua Gapoktan Se-Kab Pringsewu.

Penulis  : N.Muslih/AD
Editor     : Umi Fadilah
Publish  : N.Muslih Lpg

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password