Press Realese, Polda Sulbar tetapkan 5 tersangka Narkoba dan pencucian uang (TPPU)

Tribratanews.polri.go.id – Polda Sulbar, Kepolisian Daerah Sulawesi Barat melaksanakan Press Release terkait pengungkapan kasus Narkoba sekaligus pengembangan kasus Pencucian Uang dari hasil penjualan Narkoba. kamis (14/4/17) Pukul 10.00 Wita.

Dalam Pelaksanaannya kegiatan tersebut dipimpin oleh Kapolda Sulbar Brigjen Pol. Nandang, MH didampingi Wakapolda Sulbar Kombes Pol Drs. Tajuddin, MH dan Kabid Humas Polda Sulbar Akbp Hj. Mashura dan dihadiri oleh para Pejabat utama beserta Para Awak Media baik Pimpinan Redaksi, Cetak maupun Elektronik.

Kapolda Sulbar pada kesempatannya mengatakan sebagaimana yang kita ketahui bersama saat ini ada 2 permasalahan terkait tindak pidana yang kita akan bahas untuk lebih rincinya akan dijelaskan oleh Dir Narkoba. Ucap Kapolda

Direktur Ditresnarkoba Polda Sulbar Kombes Pol Kurniadi menerangkan dari hasil pengembangan terhadap 25 pelaku yang sebelumnya dinyatakan positif menggunakan Zat Adiktif (yang bisa membuat ketagihan jika dikomsumsi secara rutin).

Lebih lanjut dikatakan setelah dilakukan pemeriksaan mendalam / pengembangan berdasarkan laporan Polisi Nomor : LP / 09 / X / 2016 / Sulbar / SPKT, Tanggal (17/10/16) Direktorat Narkoba berhasil menangkap beberapa pelaku dan menetapkan 5 Tersangka sebagai berikut :

  1. Tersangka TS, Waraswasta, Alamat Jl. Jeruk No. 10 Kel. Binanga, Kec. Mamuju, kab. Mamuju dan dijerat dengan 2 Pasal yaitu Pasal 114 Ayat (1) Subs Pasal 112 Ayat (1) dan Pasal 127 Ayat (1) UU RI No. 35 tahun 2009 tentang Narkotika, dengan ancaman minimal 5 Tahun Penjara. Barang bukti yang disita satu sachet shabu dengan berat 0,9 grm.
  2. Tersangka AA, Polri, Alamat BTN Graha Nusa 3 Blok F No. 10 Kel. Simboro Kab. Mamuju dan dijerat dengan pasal 114 Ayat (1) atau pasal 131 UU Ri No. 35 Tahun 2009 tentang Narkotika, dengan ancaman minimal 5 Tahun Penjara. Barang bukti yang disita Peralatan Lahgun Narkoba Jenis Sabu.
  3. Tersangka P, Polri, Alamat BTN pantai Indah Simboro blok B No. 11 Kab. Mamuju dan dijerat dengan pasal 114 Ayat (2) UU Ri No. 35 Tahun 2009 tentang Narkotika, dengan ancaman minimal 5 Tahun Penjara. Barang bukti yang disita peralatal Digital / HP.
  4. Tersangka IR (Istri P), Tenaga Honorer, Alamat pantai Indah Simboro Blok B No. 11 Kab. Mamuju dan dijerat dengan pasal 137 Huruf b UU RI No. 35 Tahun 2009 tentang Narkotika, dengan ancaman minimal 6 Tahun Penjara. Barang bukti yang disita surat-surat transaksi keuangan / Bank
  5. Tersangka RS, Ibu Rumah Tangga, Alamat Jl. Pampang IV Lorong IV Kota Makassar dan dijerat dengan pasal 137 Huruf b UU RI No. 35 Tahun 2009 tentang Narkotika, dengan ancaman minimal 6 Tahun Penjara. Barang bukti yang disita HP dan surat-surat transaksi Bank.

Sementara itu pada Proses Sidik 4 tersangka sudah dinyatakan tuntas (P21) karena telah cukup bukti yang diduga terlibat dalam tindak pidana pencucian uang dan saat ini sudah dalam tahap persidangan dan satu orang tersangka masih DPO sehingga, selanjutnya diterbitkan kembali laporan polisi No. LP/28/XII/16/SPKT Tanggal 2 Desember 2016.

Dari tersangka AA (Polri) yang ditetapkan sebagai tersangka tindak pidana pencucian uang disita Satu Unit Mobil Kia Picanto Warna Hitam, Tersangka P (DPO) disita barang bukti berupa sebidang Tanah yang terletak di Jl. Pampang IV Lorong IV kota makassar. Jelasnya

Kegiatan tersebut dirangkaikan pula dengan Tanya jawab terhadap perkembangan kasus yang ada sekaligus awak media menanyakan hal-hal terkait kasus yang sedang dalam proses pemeriksaan baik itu terkait pemilu, saber pungli / OTT dan sebagainnya.

Dijelaskan oleh Kapolda Sulbar segala permasalahan yang ada saat ini sudah dalam proses dan sudah pasti akan di tindak lanjuti namun harus tetap ditangani dengan bijak mana yang harus ditangani lebih dahulu / diutamakan. Harapan saya kebersamaan dan sinergitas yang telah ada agar tetap dijaga demi untuk membangun sulbar agar lebih baik lagi.

Penulis : dhyman

Editor : Umi Fadillah

Publis : Wirad

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password