Sambangi Masyarakat Pulau di Kab. Bangka Selatan Bhayangkara Komunitas Perairan Mendapat Apresiasi

bnyu

Tribratanews.polri.go.id, Babel,_ Direktorat Kepolisian Perairan Polda Kep. Babel dalam rangka mendukung Program Prioritas Kapolri yaitu melaksanakan Quick Wins Polri Program 1 tentang penertiban dan penegakkan hukum bagi organisasi radikal dan anti pancasila bersama masyarakat pulau Kelapan desa Kumbung Kec. Lepar dan masyarakat pulau Celagen Kec. Pongok Kab. Bangka Selatan.

Acara dihadiri oleh Kadus, Ketua RT/RW, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, dan Tokoh Pemuda. Pelaksanaan kegiatan Quick Wins tersebut dipimpin oleh Bhayangkara Komunitas (Bhakom) perairan Bripka Wardiansyah S.H, bersama personil Bag Bin Ops Bripka Idwar Susilo beserta Komandan Kapal Polisi XXVIII 2001 Brigadir Robiansyah dan 3 orang Abk kapal.

Dalam sambutannya Bripka Wardiansyah S.H menjelaskan bahwa radikalisme merupakan paham yang menghendaki adanya perubahan/pergantian suatu sistem dimasyarakat dengan menggunakan cara-cara kekerasan. Organisasi yang mereka dirikan bertentangan dengan ideologi pancasila dan dapat mengganggu ketertiban umum serta dapat mecah belah Umat dan NKRI, oleh karena itu kita harus berperan aktif untuk menjaga agar jangan sampai kelompok-kelompok Radikal masuk ke wilayah kita khususnya wilayah pulau – pulau yang ada di Kab. Bangka Selatan dan umumnya Kep. Bangka Belitung.

Waspadai setiap ada ajaran atau ajakan yang mencurigakan seperti umroh gratis, berjihad, dan janji-janji kehidupan yang lebih baik. Perangkat Desa dan masyarakat pulau harus lebih peduli dengan wilayahnya apabila ada sekelompok orang maupun orang luar yang datang ke wilayahnya dengan tujuan tidak jelas karena tidak menutup kemungkinan orang tersebut residivis atau pernah melakukan tindakan kejahatan sehingga melarikan diri dan bersembunyi di wilayah pulau karena beberapa minggu yang lalu 1 orang residivis kasus curat,curas,dan curanmor ditangkap aparat kepolisian di Pulau Pongok.banyu1

Residivis tersebut berpura-pura bekerja sebagai nelayan ketika ditangkap petugas, oleh karena itu masyarakat pulau harus lebih waspada dan berhati-hati dan tidak mudah membeli barang-barang atau motor dengan harga murah karena tidak menutup kemungkinan motor tersebut hasil curian. Apabila masyarakat mendapatkan informasi tersebut segera laporkan ke aparat kepolisian setempat.

Kemudian Bhayangkara Komunitas perairan mensosialisasikan penerimaan Polri Tahun 2017 ke masyarakat pulau kelapan dan masyarakat pulau celagen Kab. Bangka Selatan dan masyarakat jangan mudah percaya apabila adanya oknum yang mengiming-imingi atau menawarkan jasa dapat meluluskan untuk menjadi anggota Polri,apalagi harus mengeluarkan uang dengan jumlah yang besar, dan jika didapatkan ada oknum tersebut masyarakat dapat melaporkan ke pihak Bid Propam Polda Kep. Babel.

Komandan Kapal Polisi XXVIII 2001 Brigadir Robiansyah menambahkan agar masyarakat nelayan dapat melaporkan ke pihak yang berwajib dalam hal ini Polair apabila ketika melaut melihat adanya aktifitas Illegal fishing, Illegal Minning, atau kejahatan lainnya di perairan serta Laka Laut diperairan untuk segera melaporkan ke Polair melalui Call Center Polsane (Polair Sahabat Nelayan) di nomor 085378271111 dan mari bersama-sama kita jaga kelestarian laut dengan tidak merusak dan mencemari laut serta taati aturan perundang-undangan yang ada di perairan.

Acara tersebut di tutup dengan pembacaan doa yang dipimpin oleh salah satu Tokoh Agama setempat dan dilanjutkan foto bersama dengan masyarakat pulau.

Penulis : Masro
Editor   : Umi Fadilah
Publish : Masro

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password