Kabidhumas Polda Kalbar Silaturahmi ke KOMPAS’TV Guna Membangun Kemesraan Media

Tribratanews.polri.go.id, Polda Kalbar – Silaturahmi Kabidhumas Polda Kalbar AKBP Drs. Sugeng Hadi Sutrisno bersama AKP Cucu Safiyudin Kaur Lipprodok Bidhumas Polda Kalbar dengan Pimpinan Redaksi KOMPAS’TV Kalbar yang berkantor di Jln. Merdeka- Kota Pontianak, Rabu (12/4/17).

Kabid Humas disambut Kepala Biro KOMPAS’TV Pontianak Bapak Dwi Nardi “silaturahmi ini sebagai ajang mempererat kerjasama antara instansi Polda Kalbar dengan media KOMPAS’TV, guna membahas program kerja Polda Kalbar”, ujar Sugeng.

Dalam momen tersebut, Kabidhumas sempat melakukan siaran Pers yang di pandu oleh Produser / Presenter KOMPAS’TV Dea Citra Rahmatika dalam acara Bincang Khatulistiwa, ada tiga topik yang dibahas dalam acara tersebut yakni mengenai peredaran gelap Narkotika, Isu Hoax atau berita bohong serta tentang keterbukaan informasi public oleh pihak Kepolisian.

IMG_0116Ditempat yang sama Kaur Lipprodok AKP Cucu Safiyudin mengatakan untuk diketahui warga bahwa hakekat tugas Polisi yakni: memelihara keamanan, ketertiban masyarakat; melindungi, mengayomi dan melayani masyarakat; dan penegakkan hukum untuk mengatasi gangguan kamtibmas berupa kriminalitas, ketertiban umum dan bencana, “jelasnya.

Masyarakat dilindungi agar selamat, agar tidak menjadi Pelaku kejahatan maupun sebagai Korban kejahatan. Kejahatan terjadi karena ketemunya Niat dan Kesempatan, untuk itu kepolisian melakukan kegiatan Pre’emtip sepanjang hari untuk menghilangkan Niat Jahat, begitu juga untuk menghilangkan Kesempatan kegiatan Pre’ventif dilakukan oleh anggota Kepolisian di lapangan melalui berbagai kegiatan Pro’Active Policing untuk melakukan Deteksi Dini berbagai kegiatan masyarakat, sehingga kami mengajak masyarakat untuk berperan aktif memberikan informasi-informasi sekecil apapun kepada petugas dilapangan, “pintanya.

IMG_0117Begitu juga terkait adanya Isu Hoax tentang Penculikan Anak. Cucu juga menjelaskan bahwa saat ini 120 juta lebih masyarakat Indonesia sudah menggunakan media Internet atau media online. Hal ini menjadi perhatian serius jajaran Kepolisian, warga masyarakat jangan mudah percaya hoax “berita bohong, tidak sesuai fakta dan tanpa dasar yang disebarkan di media sosial” yang sengaja dihembuskan oleh orang yang tidak bertanggungjawab.

Begitu cepat pengaruh dunia maya dalam menyebarkan berita hoax dan terasa sangat sulit untuk dikontrol. Dulu, berita-berita hoax menyebar hanya terjadi lewat dari mulut ke mulut, dampaknya tidak terlalu signifikan. Sekarang ini, berkat kehadiran dan penyebaran internet di masyarakat, berita hoax gampang sekali disebarluaskan dan menjangkiti pola pikir kaum dunia maya. Sekali klik, satu berita hoax bisa dijangkau ribuan bahkan jutaan pasang mata. Sekali dicopy-paste, orang-orang dari berbagai penjuru dunia menyantap berita hoax tersebut, beredarnya hoax saat ini sudah sangat meresahkan bagi kehidupan bermasyarakat, tuturnya.

Kapolda Kalbar Irjen (Pol) Drs. Musyafak, SH, MM, beberapa waktu lalu juga mengatakan bahwa hoax sebagai penyakit masyarakat baru yang sangat meresahkan. “Hoax saat ini termasuk salah satu penyakit sosial masyarakat selain penyakit sosial masyarakat yang sudah ada yaitu judi, minuman keras, narkoba, tawuran, kejahatan kriminal, sex bebas”. Hoax yang beredar sangat meresahkan karena mengandung unsur kebencian, permusuhan, berita bohong yang berpotensi memecah belah keutuhan bangsa. Berbagai motif dibalik hoax pun beraneka ragam ada motif bisnis, politik, mencari popularitas bahkan motif untuk mengadu domba masyarakat, ” ujarnya.

Kabidhumas Polda Kalbar juga menambahkan bahwa untuk mengakomodir dan mengontrol masyarakat di dunia maya, Polri telah membentuk Biro Multi Media dibawah Divisi Humas Mabes Polri dan untuk tingkat Polda dalam waktu dekat akan dikukuhkan Subdit Multi Media di Bidhumas Polda Kalbar. Biro Multimedia ini akan melakukan Patroli Kepolisian di Media Online, dengan melakukan pemantauan lalulintas informasi atau Pemolisian masyarakat di dunia maya, dengan harapan masyarakat akan cerdas, santun dalam menyikapi era informasi saat ini, ” pungkasnya.

Penulis: Cucu Safiyudin
Editor: Umi Fadillah
Publish: Cucu Safiyudin

Admin Polri55735 Posts

tribratanews.polri.go.id "Portal Berita Resmi Polri : Obyektif - Dipercaya - Patisipatif"

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password