Kapolda Sumut Keluarkan Maklumat Tentang Penerimaan Polri, Ini Isinya

Tribratanews.polri.go.id – Polda Sumut, Untuk mencegah tindak kecurangan dalam penerimaan Polri dan mewujudkan sistem penerimaan Polri yang berdasarkan prinsip BETAH (Bersih, Transparan dan Humanis), Kapolda Sumut mengeluarkan Maklumat Kapolda Sumut. Maklumat tersebut bernomorkan Mak/01/IV/2017 tentang Penerimaan Calon Anggota Polri yang Bersih, Transparan, Akuntabel, dan Humanis (BETAH) bebas dari Korupsi, Kolusi, Konspirasi dan Nepotisme (K3N).

Kabid Humas Polda Sumut Kombes Pol. Dra Rina Sari Ginting mengatakan maklumat yang ditandatangani langsung oleh Kapolda Sumut Irjen Pol. Dr H Rycko Amelza Dahniel M.Si tersebut dikeluarkan pada tanggal 10 April 2017 tersebut guna mewujudkan penerimaan Polri yang clean and clear.

MAKLUMAT

“Adapun isi maklumat tersebut salah satunya Panitia Daerah dan Pembantu Penerimaan Polri T.A 2017 dilarang merubah, merekayasa dan melakukan tindakan penyimpangan dalam pelaksanaan penilaian atau pemeriksaan kepada peserta seleksi. Panitia juga diultimatum tidak melakukan KKN dan Konspirasi dengan orang tua/ wali peserta seleksi dengan menjanjikan kelulusan peserta seleksi.” jelas Kombes Rina.

Sementara bagi para orang tua/ wali dan peserta seleksi, Kombes Rina melanjutkan, dilarang untuk melakukan KKN dan konspirasi dengan panitia maupun pengawas atau siapapun yang menyatakan bisa membantu kelulusan.

“Para orangtua/wali dan peserta seleksi penerimaan juga dilarang menggunakan sponsor/koneksi dengan cara menghubungi panitia penerimaan secara langsung maupun melalui pihak lain.” ujar Kombes Rina.

Pengawas internal dan eksternal penerimaan Polri T.A 2017 juga harus mempunyai integritas yang tinggi serta bebas intervensi dari semua pihak dalam pengawasan setiap tahapan seleksi penerimaan anggota Polri T.A 2017 untuk menghindari penyimpangan.

“Apabila terbukti melakukan pelanggaran sebagai panitia akan mendapatkan tindakan hukum yang tegas, baik hukum pidana, kode etik dan disiplin. Sedangkan bagi peserta apabila terbukti melakukan pelanggaran akan didiskualifikasi dalam seleksi penerimaan anggota Polri T.A 2017.” tegas Kombes Rina.

Penulis : Rico

Editor : Umi Fadilah

Publish : Rico

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password