Polisi Way Kanan Lampung Memberlakukan E-Tilang Bagi Pelanggar Lalu Lintas

Tribratanews.polri.go.id – Polres Way Kanan, kamis tanggal 13 april 2017 satuan lalu lintas melaksanakan kegiatan razia rutin di depan mako polres way kanan guna membina ketertiban dan kedisiplinan masyarakat dalam berkendara, dalam kegiatan razia kali ini satuan lalu lintas polres way kanan memberlakukan sistem tilang online atau elektronik tilang yang memudahkan proses penilangan yang tidak perlu memerlukan waktu yang lama.

etilang

Kepala polisi resor way kanan AKBP Yudy Chandra Erlianto S.IK, M.H mengatakan melalui kasat lantas polres way kanan AKP Suhardo S.H bahwa aplikasi E-Tilang sebagai bagian dari usaha kepolisian untuk membersihkan praktek-praktek pungli yang masih sering terjadi. Dengan diberlakukannya E-Tilang, diharapkan masyarakat dan oknum-oknum polisi tak akan melakukan pungutan liar atau sogokan dalam proses penilangan. Kini dengan adanya E-Tilang petugas hanya mencatat indentitas pelanggar, jenis pelanggaran, besaran denda kemudian data diinput ke server BRI dan pelanggar yang melanggar peraturan lalu lintas bisa langsung membayar melalui ATM sesuai dengan denda yang di langgarnya selanjutnya Jika pelanggar sudah membayar dendanya maka SIM dan STNK bisa dikembalikan di tempat.

WhatsApp Image 2017-04-13 at 10.31.34

Tercatat dalam kegiatan razia tersebut didapati 15 pelanggaran terhadap pengendara R2 yang mendominasi pelanggaran tidak menggunakan Helm, satuan lalu lintas polres way kanan akan terus berupaya memberikan keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas dengan melakukan penindakan E-tilang bagi pengguna jalan raya yang melanggar di kawasan tertib berlalu lintas dan daerah rawan kecelakaan guna mewujudkan tertib berlalu lintas, mari menjadi pelopor keselamatan berlalu lintas mulailah dari diri kita sendiri,” Ungkap Kasat lantas.

WhatsApp Image 2017-04-13 at 10.31.42

Pihaknya menambahkan dengan adanya program e-Tilang bisa menghapus persepsi pemikiran negatif masyarakat kepada polisi lalu lintas karena selama ini di mata masyarakat menganggap polisi selalu mengambil uang tilang untuk dirinya sendiri. “Ini terobosan yang harus disikapi supaya tidak ada lagi masyarakat yang bilang polisi lalu lintas ambil uang tilang untuk keperluan pribadi,” tuturnya

Penulis : Afrian Eka Putra

Editor   : Umi fadilah

Publish:  Ekap

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password