Cegah Konflik Sosial, Polsek Cilongok Banyumas Tingkatkan Patroli Dan Sambang

WhatsApp Image 2017-04-11 at 07.49.51

Tribratanews.polri.go.id, Polres Banyumas – Kanit Sabhara Polsek Cilongok Polres Banyumas Polda Jawa Tengah Iptu Wasiyat didampingi Bhabinkamtias Brigadir Juliono, melakukan patroli dan sambang ke Posko Pengaduan Masyatakat PT SAE (Sumber Alam Energi) di desa Karangtengah Cilongok, Selasa (11/4/2017).

Kapolres Banyumas AKBP Azis Andriansyah SH, SIK, M.Hum melalui Kapolsek Cilongok AKP Warsono S.Sos mengatakan bahwa kegiatan patroli dan sambang ini bertujuan untuk memberikan rasa aman masyarakat serta cegah gangguan kamtibmas.

“Disamping patroli dan sambang kami juga melakukan kordinasi terkait informasi dari masyarakat kepada PT SAE selaku kontraktor pengerjaan Proyek Tenaga Listrik Panas Bumi, yang menurut informasi akan melewati bukit diatas Desa Karangtengah dan desa Sambirata Kec. Cilongok.” ucap Kapolsek.

Lebih lanjut Kapolsek menjelaskan bahwa permasalahan yang terjadi adalah air yang digunakan warga untuk keperluan mandi, cuci dan kolam ikan menjadi keruh. Setelah dicari penyebabnya ternyata sumber air yang berasal dari sungai prukut mengalami keruh yang diakibatkan sisa tanah pengeprasan bukit ikut terbawa air hujan.

Akibat dari kejadian tersebut pihak PT SAE langsung menghentikan pengerjaan dan melakukan mediasi dengan masyarakat desa Karangtengah, desa Karanglo, desa Cikidang, desa Panembangan dan desa Sambirata Kecamatan Cilongok.

“Pada akhirnya PT SAE membuat pranolisasi untuk menyalurkan air dari sumber mata air Desa Sambirata kepada masyarakat di 5/lima desa tersebut dan memberikan droping air bersih serta mendirikan Posko pengaduan masyarakat di desa Karangtengah guna menampung semua keluhan masyarakat.” jelasnya.

Dengan meningkatkan giat sambang dan patroli diharapkan Polsek Cilongok dapat mengetahui perkembangan situasi kamtibmas sehingga mampu mencegah terjadinya konflik sosial dalam masyarakat.

Penulis : Sugianto Humas Polsek Cilongok

Editor : Umi Fadilah

Publish : Bagus AW

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password