Program Promoter Kapolri, Jogja ditunjuk Sebagai Pilot Project Pengembangan Samsat Desa

tribratranews.polri.go.id – JOGJA – Mendekatkan diri kepada masyarakat dalam pelayanan publik menjadi salah satu prioritas program Promoter Kapolri Jend. Pol. Drs. Tito Karnavian, MA., Ph.D. Di antara beberapa program ini, Pelayanan Pajak Kendaraan Bermotor rupanya menjadi salah satu titik berat. Dengan bertambahnya jumlah kendaraan bermotor, tentu saja hal ini berimbas pada pelayanan di Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (SAMSAT) yang sudah tersedia saat ini.

Tetapi Polri melihat ini sebagai peluang untuk meningkatkan pelayanan publik dalam hal pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor. Sebagaimana disampaikan oleh Direktur Lalu Lintas Polda DIY Kombes Pol Latif Usman, S.IK., M.Hum.

“Ini merupakan salah satu Program Promoter Bapak Kapolri, bahwa kita betul – betul serius meningkatkan pelayanan kepada masyarakat,” jelas Dirlantas dalam wawancara dengan Tribratanews Rabu, 12/04 pagi.

Di Jogja sendiri sebenarnya sudah terdapat lima Samsat Induk dan satu Samsat Pembantu yang melayani pajak lima tahunan dan pajak tahunan, juga samsat keliling dan samsat corner yang melayani pajak tahunan. Tetapi jumlah tersebut dirasa kurang dan tidak bisa diakses oleh masyarakat di pedesaan lainnya.

“Masyarakat akan lebih mudah mengakses ke tempat pelayanan tersebut, sehingga wajib pajak akan lebih taat lagi,” lanjut Dirlantas.

Saat ini di Jogja sudah beroperasi lima samsat Desa atau Keluarahan, Balai Desa Palihan di Temon Kulonprogo, Balai Desa Pakembinangun di Pakem Sleman, Balali Desa Semugih di Rongkop Gunungkidul, Balai Desa Sidomulyo di Bambanglipuro Bantul dan di Kelurahan Wirogunan Yogyakarta.

“Setelah ini nanti dilaunching, akan berlanjut secara nasional dan dalam waktu dekat ini, akan kita buka lagi Samsat Desa, masing – masing satu di Gunungkidul, Bantul, Kulonprogo dan Sleman,” jelas Dirlantas Polda DIY.

Dikonfirmasi lebih lanjut, Dirlantas Kombes Pol Latif Usman, S.IK., M.Hum. hanya tersenyum.

“Tetapi yang jelas lokasinya akan semakin memudahkan masyarakat yang saat ini jauh dari Samsat induk,” tutup Dirlantas.

Nah …. menarik bukan. Samsat yang tadinya jauh sekarang sudah lebih dekat.

penulis: dhenyyn-mfajar

editor: umi fadillah

publish: jay jogja

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password