Dir Reskrimum Polda Sulbar jadi Narasumber pada kegiatan sosialisasi layanan pendaftaran jaminan Fidusia

tribratanews.polri.go.id – Polda Sulbar, Kementerian Hukum Dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) menggelar sosialisasi terhadap layanan pendaftaran jaminan fidusia di Kota Mamuju tepatnya di Ruang Cendrawasih Hotel d’Maleo .Selasa (11/4/17).

Pada pelaksanaannya kegiatan tersebut dihadiri oleh Dirjen AHU (Administrasi Hukum Umum), Dir Reskrimum Kombes Pol Heri Wiyanto, SH, Para Notaris, lembaga pembiayaan dan perbankan, Kakanwil menkuham Sulbar, Mejelis kemormatan Notaris termasuk didalamnya Kabidkum Polda Sulbar Kombes Pol Z. Sidiq.

Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Provinsi Sulbar, dalam kesempatannya mengatakan potensi fidusia perlu dipahami lebih dari sekedar instrumen untuk mendaftarkan jaminan kendaraan bermotor agar potensi optimal fidusia dapat dicapai dan pada gilirannya menciptakan kepercayaan publik terhadap instrumen fidusia. Tuturnya

Lain hal dengan Dir Reskrimum Kombes Pol Heri Wiyanto selaku Narasumber Ia mengatakan bahwa, masih banyak hal yang perlu dipertimbangkan dan tentunya perlu kebijakan yang terintegrasi antara otoritas pada sektor hukum dengan otoritas pada sektor keuangan/pembiayaan guna mendorong implementasi dan pemanfaatan fidusia.

Sementara itu Dirjen AHU mengatakan, kegiatan itu dilaksanakan untuk menyebarluaskan informasi terkait UU Nomor 42 tahun 1999 Tentang Pengaturan Jaminan Fidusia, selain itu dibahas pula terkait Permenkeu Tentang Jaminan Fidusia bagi perusahaan pembiayaan konsumen untuk kendaraan bermotor dengan pembebanan jaminan fidusia.

Penulis   : Suhardiman

Editor     : Umi Fadillah

Publish   : Wirad Shardanu Nur

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password