Kapolda DIY: Bhabinkamtibmas Representasi Polri di Tengah Masyarakat

_999 999 797

Tribratanews.polri.go.id – Berada di tengah – tengah masyarakat adalah salah satu kewajiban anggota Polisi. Selain memberikan rasa aman, juga menjadi ‘jujugan’ jika ada masalah di tengah masyarakat.

Inilah yang ditekankan Kapolda DIY Brigjen Pol Drs. Ahmad Dofiri, M.Si. saat memberikan arahan dalam Rakernis Ditbinmas Polda DIY 2017 siang tadi (11/04).

“Betapa pentingnya tugas Bhabinkamtibmas, yang menjadi ujung tombak Polri dalam melaksanakan tugas di tengah-tengah masyarakat Hubungan dengan Babinsa (Bintara Pembina Desa, organik dari TNI) juga sangat baik dan bersinergi secara optimal,” jelas Kapolda yang siang tadi didampingi oleh Dirbinmas Kombes Pol Rudi Heru Susanto.

Sebagaimana kita ketahui, Bhabinkamtibmas atau Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat adalah anggota Polri yang bertanggung jawab atas situasi dan kondisi di tempat penugasan. Seorang Bhabinkamtibmas tentu saja harus mengenal dengan baik wilayahnya. Seorang Bhabinkamtibmas atau masyarakat biasa menyebutnya Bhabin ‘memegang’ satu desa atau kelurahan.

Dengan tugas, tanggung jawab dan kewenenangannya, Bhabinkamtibmas harus bisa melihat potensi konflik yang ada di wilayah binaannya.

“Terutama konflik sosial itulah yang menjadi atensi Kapolri, inilah tugas utama Bhabinkamtibmas untuk segera mengambil sikap dan langkah,” lanjut Kapolda.

Kapolda juga menyinggung peran strategis Bhabinkamtibmas, karena Bhabinkamtibmas adalah paling ujung di antara insan Polri lainnya.

_999 999 796

“Dicari dan selalu dibutuhkan oleh masyarakat, jalin hubungan dan kedekatan masyarakat, jangan ciderai, menjadi tempat mengadu, dan selalu ada di tengah masyarakat. Akan senantiasa menjaga silaturahmi dengan masyarakat pasti akan mengikuti rasa simpati dan empati dari masyarakat, bahwa Polisi ini amanah dan mengayomi, “ jelas Brigjen Pol Ahmad Dofiri.

Lanjut Kapolda menyampaikan pentingnya bagaimana hati dan sanubari bersinergi dalam menjalankan tugasnya. Paham akan tugas pembinaan keamanan dan ketertiban masyarakat. Kinerjanya terkontrol dan sistematik, baik itu dari pelaporannya, maupun manfaat yang dirasakan oleh masyarakat.

Dalam rangka meningkatkan kerja Bhabinkamtibmas, Poda DIY telah menggunakan program berbasis digital yaitu Polisi Kita dan Polisiku. Menyambut program baru ini, maka dituntut untuk mampu dan menguasai teknologi guna kemajuan tugas Polri dalam melayani masyarakat. Hal ini akan mempermudah dalam sistem pelaporan.

“Yang bagus menjadi meningkat dan yang belum bagus bisa menjadi bagus seperti yang lainnya,” tutup Kapolda DIY.

penulis: rendra
editor: umi fadillah
publish: jay jogja

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password