Polsek Pengasih Kulonprogo Fasilitasi Sidang Diversi Kasus Pencurian Yang Melibatkan Remaja

tribratanews.polri.go.id -JOGJA- Polsek Pengasih Kulonprogo menfasilitasi sidang diversi yang melibatkan pelaku berinisial SAM atas kasus pencurian kendaraan bermotor jenis Kawasaki KLX dengan nomor polisi AB 4173 ML yang terjadi pada 15 Februari 2017 lalu berlanjut, Selasa (11/04/2017). Selain menghadirkan SAM sebagai pelaku, juga menghadirkan Carito sebagai korban pencurian, warga Pedukuhan Secang, Desa Sendangsari, dan keluarga pelaku serta disaksikan perwakilan dari Dinas Sosial Kabupaten Kulonprogo dan Lembaga Perlindungan anak. Reskrim AKP Turmudi.

Pemimpin sidang Diversi, Kanit Reskrim Polsek Pengasih AKP Turmudi melalui Bamin Humas Polsek Aiptu Suparyono menjelaskan Sidang ini dilakukan atas dasar Undang-undang Perlindungan Anak Nomor 11 Tahun 2012 dinyatakan bahwa apabila pelaku tindak kriminilitas masih dibawah umur dengan ancaman hukuman dibawah 7 tahun maka bisa dilakukan diversi.

“Diversi itu hanya sekali, kalau setelah ini kembali kedapatan melakukan tindak kriminalitas maka sudah tidak bisa dilakukan diversi lagi,” ujarnya.

Di dalam sidang, korban Carito juga menuturkan bahwa memaafkan tindakan pelaku dan meminta yang bersangkutan untuk tidak mengulangi perbuatannya. Korban juga tidak melayangkan tuntutan apapun kepada korban dan keluarga.

Lanjut Aiptu Suparyono menjelaskan, selain berdamai, kesepakatan dalam sidang menghendaki pelaku untuk dititipkan kepada Badan Perlindungan dan Rehabilitasi Sosial Remaja di Kabupaten Sleman.

“Dari koordinasi dan komunikasi kita dengan LPA, PH, BAPAS, Dinsos dan beberapa pihak yang terkait nantinya pelaku dititipkan disana, selama 3 bulan,” tandasnya.

Hingga sidang diversi tindak curanmor yang digelar di Mapolsek Pengasih selesai.

penulis : tRi
editor : Umi Fadilah
publish : jay

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password