Sidang Putusan Kasus Pelanggaran Pilkada Kabupaten Jayapura

Tribratanews.polri.go.id. Polda Papua, Polres Jayapura – diruang Candra Pengadilan Negeri Klas IA Jayapura telah berlangsung sidang putusan kasus pelanggaran Pilkada Kabupaten Jayapura tentang pergantian anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) Tempat Pemungutan Suara (TPS) 8 Kelurahan Hinekombe kabupaten Sentani, Selasa (11/04/17).

Saat dikonfirmasi Kabid Humas Polda Papua membenarkan adanya sidang aang dipimpin oleh Ketua Majelis Hakim Safrudin, SH dengan agenda sidang pembacaan putusan. Adapun yang hadir dalam sidang pembacaan putusan yaitu H. Syukur (Ketua KPPS TPS 8 Hinekombe), Eunike Munim (Sekretaris PPS)

Sidang dibuka untuk umum oleh Ketua Majelis Hakim Safrudin, SH. Pembacaan putusan dibacakan oleh Ketua Majelis Hakim Safrudin, SH. Adapun inti dari putusan adalah menyatakan terdakwa I H. Syukur dan terdakwa II Eunike Monim, terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana dengan sengaja melakukan perbuatan melawan hukum menggagalkan pemungutan suara secara bersama-sama.

Kepada terdakwa oleh karena itu dengan pidana penjara masing-masing 5 (Lima) bulan dan denda Rp. 12.000.000,- (Dua Belas Juta Rupiah) dengan ketentuan apabila denda tersebut tidak dibayar, maka diganti dengan pidana kurungan selama 1 (Satu) bulan

Adapun barang bukti berupa dua lembar Foto copy CI KWK TPS 08 Kelurahan Hinekombe Distrik Sentani Kabupaten Jayapura dan Sepuluh lembar foto copy Surat Keputusan (SK) tanpa nomor tentang pengangkatan KPPS pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Jayapura 2017 yakni dikeluarkan oleh PPS Kelurahan Hinekombe dan ditanda tangani oleh Ketua an. Philipus Wasanggai.

Membebankan kepada para terdakwa membayar biaya perkara masing-masing sejumlah Rp. 5.000,- (Lima Ribu Rupiah) SH. Dalam persidang Ketua Majelis Hakim menjelaskan bahwa apabila kedua terdakwa merasa keberatan dengan hasil putusan maka kedua terdakwa dipersilahkan mengajukan banding 3 (Tiga) hari setelah putusan pada hari ini dibacakan.

Penulis            : Fajar Surya Irianto

Editor              :  Umi Fadilah

Publish            : Fajar Surya Irianto

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password