Hadapi MEA, IEC Gelar Seminar Motifasi Nasional Pemuda Mandiri dan Kewirausahaan Entrepeneur

Tribratanews.polri.go.id – Polres Tolitoli, Sulteng, Kegiatan motifasi nasional pemuda mandiri dan kewirausahaan Entrepreneur ini dilaksanakan di gedung Labong Boki, Tolitoli, Selasa (11/4/2017).

Kegiatan yang mengusung tema “Bagaimana Menjadi Pemuda / Pemudi yang Bersaing di Era MEA” ini dihadiri oleh Asisten 1 Pemda Tolitoli DR. Adjiman Laterey M.Si, Rektor Universitas Madako DR. H. Ma’ruf Bantilan MM, dan diikuti oleh peserta seminar sekitar 300 orang, yang terdiri dari Mahasiswa dari berbagai Universitas di Kabupaten Tolitoli.

IMG-20170411-WA0167

MEA merupakan singkatan dari Masyarakat Ekonomi ASEAN yang memiliki pola mengintegrasikan ekonomi ASEAN dengan cara membentuk sistem perdagangan bebas atau free trade antara negara-negara anggota ASEAN.

Para anggota ASEAN termasuk Indonesia telah menyepakati suatu perjanjian Masyarakat Ekonomi ASEAN tersebut. MEA adalah istilah yang hadir dalam indonesia tapi pada dasarnya MEA itu sama saja dengan AEC atau ASEAN ECONOMIC COMMUNITY.

MEA akan mulai membentuk ASEAN menjadi pasar dan basis dari produksi tunggal yang dapat membuat ASEAN terlihat dinamis dan dapat bersaing dengan adanya mekanisme dan langkah-langkah dalam memperkuat pelaksanaan baru yang berinisiatif ekonomi; mempercepat perpaduan regional yang ada disektor-sektor prioritas; memberikan fasilitas terhadap gerakan bisnis, tenaga kerja memiliki bakat dan terampil; dapat memperkuat kelembagaan mekanisme di ASEAN, menjadi langkah awal dalam mewujudkan MEA atau Masyarakat Ekonomi ASEAN.

Saat dikonfirmasi Tribratanews, KBO Lantas Sat Lantas Polres Tolitoli IPTU Abdi yang pada saat itu mengikuti seminar mengatakan “Kegiatan ini dimulai dari jam dua siang, dihadiri juga oleh siswa tingkat SMP dan SMA, semoga dengan kegiatan ini, pemuda kita dapat lebih mandiri, dan kreatif”.

Kegiatan tersebut berakhir pada pukul 17.15 WITA dan diakhiri dengan foto bersama.

Penulis : Hernawan Saputra
Editor : Umi Fadilah
Publish : Syahrul Ashar

Admin Polri56290 Posts

tribratanews.polri.go.id "Portal Berita Resmi Polri : Obyektif - Dipercaya - Patisipatif"

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password