Bupati Lantik Waka Polres Sintang Sebagai KetuaTim Saber Pungli

Tribratanews.polri.go.id, Polda Kalbar –  Polres Sintang, Guna mewujudkan tata Pemerintahan yang baik (Good Governance) di Kabupaten Sintang, Bupati Sintang dr. H. Jarot Winarno, M.Med, Ph, melakukan pelantikan/pengukuhan kepada Tim Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar di Kabupaten Sintang, Selasa (11/04/2017), pagi.

Kegiatan pelantikan/pengukuhan Satgas Tim Saber Pungli itu sendiri dilaksanakan di Gedung Serba Guna , jalan JC. Oevang Oeray Sintang tepat pada pukul 09.15 wib oleh Bupati Sintang dr. H. Jarot Winarno, M.Med,Ph. dengan mendasari Penetapan Bupati Sintang nomor 180/869/Kep-Hukum/2016 yang telah diubah dengan Keputusan Bupati Sintang, nomor 180/88/Kep-Kumham/2017, tanggal 6 Februari 2017.

IMG_9640Pelantikan/pengukuhan dilakukan dihadapan ribuan peserta yang juga nantinya akan menerima Sosialisasi Perpres no. 87 tahun 2016 tentang Satgas Saber Pungli oleh Ketua Satgas Saber Pungli Kabupaten Sintang KOMPOL PULUNG WIETONO, SIK dan Kajari Sintang.

Ikut hadir dalam kegiatan pelantikan/pengukuhan Satgas Saber Pungli tingkat Kabupaten Sintang tersebut diantaranya Kapolres Sintang diwakili Waka Polres Sintang, Dandim 1205 Sintang, Kajari Sintang, Dan Denpom 12/1 Sintang, Setda Sintang, Staf Ahli Pemkab Sintang, Pimpinan SKPD di lingkungan Pemkab Sintang

IMG_9638Dalam sambutannya Bupati Sintang mengatakan upaya nyata mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik dan bersih mengacu pada grand design reformasi birokrasi nasional tahun 2010-2025 yang salah satu agenda prioritasnya mencegah dan memberantas tindakan korupsi termasuk pungli, sebab korupsi dan pungli diyakini telah membawa dampak negatif yang besar seperti ekonomi, biaya tinggi, menghambat pelayanan publik dan pembangunan serta memicu ketidak percayaan masyarakat kepada pemerintah.

” Kita patut bersyukur dengan terbit nya Peraturan Presiden nomor 87 tahun 2016 tentang pembentukan Satgas sapu bersih pungutan liar, Sat gas yang memiliki empat fungsi yakni intelijen, pencegahan, sosialisasi dan penindakan serta yustisi”, terang Bupati Sintang.

IMG_9639Sementara itu dari personil Polres Sintang sendiri yang ikut dilantik/dikukuhkan sebanyak 10 personil sesuai dengan bidang dan unit yang ada dalam Tim Satgas Saber Pungli Kabupaten Sintang.

Terkait dengan pelantikannya sebagai Ketua Satgas Saber Pungli di Tanah Senentang ini, Waka Polres Sintang KOMPOL PULUNG WIETONO, SIK mengatakan bahwa dirinya akan menjalankan amanah mulia ini dengan penuh rasa tanggung jawab, ” Kita tetap mengedepankan sinergi antar komponen dalam Satuan tugas saber pungli yang sudah dikukuhkan ini, sehingga nantinya dalam setiap pelaksanaan kegiatan tidak ditemui hambatan yang berarti “, terang Waka Polres

Di akhir sambutannya Bupati Sintang berpesan kepada seluruh anggota Satgas Saber pungli Kabupaten Sintang agar melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya, optimalkan pemanfaatan personil, satuan kerja dan sarana prasarana yang dimiliki untuk melakukan fungsi pembinaan pencegahan dan penindakan hukum kepada siapapun yang melakukan pungli. Selanjutnya mendorong peran aktif masyarakat dalam gerakan sapu bersih pungli bangun sistem mekanisme dan instrumen yang memungkinkan pelibatan masyarakat dalam pemberantasan pungli serta fokuslah pada 7 area rawan pungli yaitu perizinan, pelayanan publik, hibah dan bantuan sosial, kepegawaian, Dana Desa, pengadaan barang dan jasa serta pendidikan di Kabupaten Sintang mulailah dengan fungsi pembinaan dan sosialisasi kepada semua pihak yang berpotensi melakukan pungli.

Penulis : Hariyanto
Editor : Umi Fadillah / sugeng.hs
Publish : Cucu Safiyudin

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password