Sukseskan Ujian Nasional, Polres Sinjai Kawal Pelaksanaan Ujian Nasional Tingkat SMA Sederajat

Tribratanews.polri.go.id – Sinjai Sulsel, Kepolisian Resor Sinjai menempatkan personelnya disekolah-sekolah SMA dalam rangka untuk mengamankan pelaksanaan Ujian Nasional tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) yang digelar oleh Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga Kabupaten Sinjai yang dilaksanakan selama empat hari di seluruh SMA/MA sederajat se-Kabupaten Sinjai, pada hari Senin (10/04/17).

Kegiatan pengamanan yang dikoordinir oleh Kabag Ops Polres Sinjai Kompol Aminulah Mansyur dan pelaksanaannya dikontrol oleh perwira pengendali dilapangan dan di kecamatan dikendalikan langsung oleh para Kapolsek masing-masing.

Kapolres Sinjai Ajun Komisaris Besar Polisi H. Agus Dwi Hermwan mengharapkan kepada seluruh personil yang terlibat pengamanan agar betul-betul dilaksanakan dengan baik dan penuh rasa tanggung jawab.

“Karena pengamanan yang dilakukan oleh pihak kepolisian sangatlah penting untuk mencegah terjadinya kebocoran soal ujian yang manakala dilakukan pihak yang tidak bertanggung jawab,” ucap Agus.

Kapolres juga mengungkapkan Polres Sinjai akan berupaya mengamankan jalannya Ujian Nasional dengan profesional dan humanis guna mencegah terjadinya gangguan kamtibmas di lingkungan sekolah yang dapat mengganggu jalannya proses ujian Nasional tersebut.

“Dalam pelaksanaan pendistribusian soal Ujian Nasional pihak Polres Sinjai memberikan pengawalan begitu pun nantinya setelah selesai pelaksanaan ujian akan dikawal oleh pihak kepolisian ke kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Sinjai,” ujar Kapolres.

Hal itu agar dapat memberikan rasa aman dan nyaman serta kelancaran dalam pelaksanaan ujian nasional sampai selesai dikawal ke kantor Dinas Pendidikan Pemuda Kab. Sinjai.

Peran serta Kepolisian dalam hal menyukseskan kegiatan pendidikan, dibuktikan dengan mengamankan soal Ujian Nasional (UN) untuk SLTA/sederajat.

Bahkan bukan hanya pengamanan soal ujian, kegiatannya meliputi pengawalan, pendistribusian hingga penjagaan keamanan saat pelaksanaan Ujian Nasional.

Distribusi naskah ujian dimulai dari polsek dengan pengawalan langsung oleh Kapolsek bersangkutan dengan minimal dua anggota bersama pihak dinas pendidikan untuk mengambil soal-soal UN ke Mapolres.

Peran aktif kepolisian dalam mengawal dan mengamankan naskah ujian sangat penting agar naskah ujian tidak sampai bocor.

Selain mengamankan naskah dari kebocoran, aparat kepolisian juga mengantisipasi terjadinya kecurangan dan tindakan lain yang mengganggu pelaksanaan ujian nasional. Misalnya, peredaran pesan pendek berisi jawaban yang menyesatkan.

Penulis : Sumarwan

Editor : Umi Fadilah

Admin Polri56598 Posts

tribratanews.polri.go.id "Portal Berita Resmi Polri : Obyektif - Dipercaya - Patisipatif"

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password