Sosialisasi Perkab No.7 Tahun 2005 Kepada Kapolsek dan Bhabinkamtibmas Polres Kapuas Hulu

Tribratanews.polri.go.id, Polda Kalbar – Kapuas Hulu, Sebagai bentuk pembinaan terhadap personel Polres Kapuas Hulu dan Polsek Jajaran, Polres Kapuas Hulu melaksanakan kegiatan Sosialisasi Perkap No.7 Tahun 2005 tentang tata cara pemberian Bantuan dan Nasehat Hukum di lingkungan Polri yang dilaksanakan Pada hari selasa tanggal 11 April 2017 bertempat di Ruang PPKO Polres Kapuas Hulu.

Acara Sosialisasi tersebut dipimpin oleh Kabag Sumda KOMPOL ABDULLAH, SH yang diikuti oleh Para Kabag, Kasat, Kasi, Kapolsek Jajaran, kanit Binmas dan Bhabinkamtibmas Polres Kapuas Hulu dan dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh Kabag Sumda Polres Kapuas Hulu.

IMG_9629“Diharapkan dengan diadakannya sosialisasi ini bisa menambah bekal untuk selalu berhati-hati saat berdinas dan dalam menghadapi permasalahan yang ditemui ketika terjun di masyarakat.” Jelas Kabag Sumda

Pemberian bantuan kepada anggota Polri diatur lebih lanjut dalam Perkab No. 7 Tahun 2005 tentang Tata Cara Pemberian Bantuan dan Nasehat Hukum di Ligkungan Kepolisian Negara Republik Indonesia. Menurut Pasal 2 Perkab No. 7 Tahun 2005, yang berhak mendapat bantuan dan nasehat hukum tidak hanya anggota Polri aktif, tetapi juga Satuan Polri, ASN Polri, Purnawirawan Polri, Wredatama, Warakawuri, Duda/Janda dari Polwan/ ASN Polri dan Veteran beserta keluarganya.

Penasehat hukum atau kuasa hukum yang ditugaskan untuk memberi bantuan adalah anggota Polri dan/atau ASN Polri yang berlatar belakang Pendidikan Tinggi Hukum, Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian, Perguruan Tinggi Hukum Militer dan Universitas Islam Negeri Jurusan Syariah yang mendapat perintah/tugas atau kuasa dari Pimpinan Polri untuk memberikan bantuan hukum, nasehat hukum dan konsultasi hukum.

Tujuan dari dilaksanakannya sosialisasi ini untuk memberikan pemahaman kepada Personel Polres Kapuas Hulu terkait dengan peraturan-peraturan yang mengatur kehidupan sebagai anggota Polri sehingga tidak terjadi pelanggaran dalam pelaksanaan tugas sebagai Pelindung pengayom dan pelayan masyarakat. Pelaksanaan Kegiatan sosialisasi berlangsung dengan tertib, aman dan lancar.
Iklan

Penulis : Tirto Kamandanu
Editor : Umi Fadillah / sugeng.hs
Publish : Cucu Safiyudin

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password