Polres Poso Gelar Press Realise Pengedar Narkoba

Tribratanews- Polres Poso Satuan Reserse Narkoba Polres Poso menggelar Press Realise dalam pengungkapan kasus pengedar narkoba diwilayah kab.poso dalam 4 (empat) bulan terakhir  selama tahun 2017 dari bulan januari hingga  april 2017 di ruang loby mapolres poso senin (10/4/2017).

Dalam penyampaian Kasat Narkoba AKP Bagus Priyandi.S.I.K di damping oleh KabagOps Polres Poso AKP Anton Muhammad,SH dalam pengungkapan kasus peredaran narkoba ada 8 (delapan)kasus.

Dari hasil pengungkapan kasus narkoba untuk bulan januari ada 2 (dua )kasus ,bulan februari dua kasus,bulan maret 3 (tiga) kasus dan bulan April 1 (satu) kasus,dari beberapa kasus yang terjadi ini ada beberapa barang bukti yang digelar mulai dari bulan januari sampai dengan bulan april 2017.

Pengungkapan delapan kasus peredaran narkotika yang ada di wilayah kab.poso yaitu 8(delapan ) tempat yang berbeda dua kasus di wilayah kec.pamona selatan, satu kasus di wilayah kec.poso pesisir dan lima kasus di wilayah poso kota.

Dari 8 kasus yang ada ini satuan reserse narkoba polres poso mengamankan 15 orang tersangka yag terdiri dari satu orang perempuan dan empat belas orang laki-laki, dimana tersangka satu orang perempuan inisial F-I yang seorang ibu rumah tangga .

Dalam delapan kasus tersebut satuan reserse narkoba berhasil mengamankan total  barang bukti sabu sejumlah 229,32 gram senilai Rp43.940000 ,- (empat puluh tiga juta  Sembilan ratus empat puluh ribu rupiah),dan untuk pil THD 4898 butir senilai Rp.24.450.000 ( dua puluh empat juta empat ratus lima puluh ribu rupiah).

Barang bukti dan sejumlah tersangka masih dalam penyidikan dari 8 kasus ,yakni satu kasus sudah tahap P21 atau tahap dua,dan 7 kasus masih dalam tahap satu dalam proses penyidikan.

Dalam beberapa hari terakhir  pada hari sabtu tanggal 8 april 2017  satuan narkoba berhasil menangkap pengedar sabu yaitu Lk.A-R dengan barang bukti 3 paket sabu, dua paket kecil dan satu paket besar yaitu 26,32 gram.Ujar Kasat narkoba kepada sejumlah awak media.

Untuk 15 orang tersangka dari delapan kasus yaitu dua orang kasus THD,dan 13 orang kasus kepemilikan jenis sabu,dari kepemilikan jenis sabu tersebut kita kenakan pasal 112 subsider 127 undang-undang tahun 2009 tentang narkotika,dari 13 tersangka ini dikenakan dengan kepemilikan selain itu dikenakan sebagai pengguna, karena pengguna itu awalnya pasti memiliki , menguasai , oleh karena itu kami kenakan 2 pasal tersebut.”Tambahnya

Dalam penanganan kasus tersebut satuan narkoba polres poso tetap sesuai dengan hak-hak asasi tersangka kami tetap mengajukan mereka untuk di asesement bekerja sama dengan BNN , dari hasil asesment nantinya di peroleh kejelasan apakah sebagai pengguna atau jaringan pengedar bahkan sebagai Bandar narkoba.”jelasnya .

Kasat narkoba menambahkan barang haram tersebut didatangkan dari luar kabupaten poso, satuan reserse narkoba polres poso akan terus melakukan upaya dalam mencegah peredaran narkoba,sesuai dengan slogan atau program Kapolres Poso Polisi Madago Raya bagaimana kepolisian itu bisa hadir ditengah–tengah masyarakat dan kehadirannya bisa memberikan tanggapan positif bagi masyarakat.

Satuan reserse terus melakukan kerjasama dengan BNN kab.poso dan dinas kesehatan kab.poso,melakukan asesmen kepada pengguna,dan sesuai dengan MOU forum komunikasi dalam waktu dekat ini kab.poso akan meresmikan tim terpadu penganggulangan narkotika dan zat adiktif yang akan di ketuai oleh wakil bupati poso, dalam penanganan peredaran narkoba itu tidak bisa mengedepankan satu fungsi saja akan tetapi dengan cara komperentif dan semua stacke holder yang ada.”Tandasnya

Admin Polri55507 Posts

tribratanews.polri.go.id "Portal Berita Resmi Polri : Obyektif - Dipercaya - Patisipatif"

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password