Bencana Alam di Kalsel : Satu Buah Rumah Rusak Akibat Tanah Longsor di Balangan

Tribratanews.polri..go.id, Polres Balangan – Bencana tanah longsor terjadi di desa Layap Kecamatan Paringin kabupaten Balangan dan mengakibatkan sebuah rumah yang dipergunakan sebagai gudang desa rusak parah.

Kejadian ini terjadi pada Senin ( 10/4) pukul 21.30 wita selepas hujan deras menguyur kabupaten Balangan, diketahui bahwa rumah yang berada di depan masjid Jami desa Layap tersebut sudah lama dipergunakan sebagai gudang penyimpanan barang inventaris desa.

Bersebelahan dengan rumah tersebut adalah bapak Abdul Sukur yang sehari – hari menjadi Kaum masjid Jami desa Layap Kecamatan Paringin, saat merasakan tanah bergerak dan mendengar suara gaduh, bapak sukur dan keluarganya langsung keluar rumah dan melihat sebelah rumahnya sudah dalam posisi miring dan hampir terjatuh ke sungai.

WhatsApp Image 2017-04-10 at 22.39.04

Warga sekitar yang mendengar suara gaduh tersebut juga segera keluar rumah, langsung saja bapak Abdul Sukur beserta warga sekitar berusaha menyelamatkan barang inventaris desa yang ada di dalam rumah tersebut. hingga pukul 22.15 wita seluruh aset desa dapat diselamatkan.

“Rumah yang rusak akibat longsor ini lokasinya memang di pinggiran sungai Balangan, tanah penopang rumah sudah tidak tahan lagi menahan beban rumah akibat derasnya air yang mengerusnya, sehingga terjadi longsor” ungkap pak Abdul Sukur

Mengantisipasi kejadian yang sama, tetangga bapak Abdul Sukur pun menyarankan untuk sementara mengungsi ditempat yang aman, dan hingga saat ini hujan masih saja menguyur kota Balangan.

Penulis : Lois Adi

Editor   : Umi Fadillah

Publish : Lois Adi

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password