Kapolres Manggarai Barat, NTT : “Ada Tiga Level Aktualisasi Wawasan Kebangsaan yang ada di Indonesia yakni Paham Kebangsaan, Rasa Kebangsaan, dan Semangat Kebangsaan”

Tribratanews.polri.go.id – Polda NTT, “Dalam kehidupan berbangsa dan bernegara kita dituntut untuk memiliki wawasan nusantara, yaitu cara pandang bangsa Indonesia terhadap jatidiri dan lingkungan yang mengutamakan kesatuan wilayah kepulauan dan menghargai kebhinekaan untuk mencapai tujuan nasional”, ujar Kapolres Manggarai Barat.

IMG-20170410-WA0061-01

“Ada tiga level aktualisasi wawasan kebangsaan yang ada di Indonesia yakni paham kebangsaan, rasa kebangsaan, dan semangat kebangsaan “, ungkapnya.

“Terkait empat pilar kebangsaan yakni, Pancasila, yang mana merupakan dasar dan ideologi negara, UUD 1945 sebagai landasan konstitusional, NKRI merupakan harga mati dan Bhineka Tunggal Ika merupakan semboyan dan jati diri bangsa kita yang bermakna berbeda-beda tetapi tetap satu jua”, katanya.

“isu isu yang berkembang di media sosial saat ini yakni berita hoax, diharapkan agar para pelajar tidak ikut menyebarkan isu yang belum diketahui sumber kebenaranya karena hukumannya sangat berat”, harapnya.

Pernyataan tersebut diungkapkan Kepala Kepolisian Resor Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, Ajun Komisaris Besar Polisi, Dr. Supiyanto, M.Si saat menjadi narasumber dalam kegiatan sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan dan rapat dengar pendapat saat kunjungan anggota DPR-RI Fraksi Partai NasDem Jhony G. Plate, S.E yang digelar di Lapangan SMK Stela Maris Labuan Bajo, Senin (10/4/2017) pagi tadi.

Hadir juga sebagai Pemateri Sosialisai Empat Pilar itu, Komandan Koramil (Danramil) 1612/02 Komodo, Kapten Inf. Sulaiman Baba, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Cabang Mabar, Syakar Abdulah Jangku, Pastor Paroki Roh Kudus Labuan Bajo dan Pastor Rikar Mangu,Pr.

Semntara itu Wakil Fraksi NasDem DPR-RI, Johnny G Plate dalam sambutanya mengatakan anggota MPR-RI memiliki tanggungjawab untuk melakukan sosialisasi Empat pilar terhadap seluruh masyarakat Indonesia. Saat ini situasi negara yang penuh dengan persoalan akibat ulah radikalisme dan teroris. Oleh karena itu,para pelajar sangat penting untuk memahami Empat Pilar itu.

penulis : Oriyanto Feni
Editor : Umi Fadilah
Publish : Oriyanto Feni

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password