‘Samsat Kelurahan’ Hadir di Wirogunan Jogja

tribratanews.polri.go.id -JOGJA- Pelayanan Samsat kini betul-betul mendekatkan diri dengan masyarakat wajib pajak, dengan hadirnya ‘Samsat Kelurahan’. Salah satunya di Kantor Kelurahan Wirogunan Yogyakarta. Diharapkan pembayaran pajak kendaraan bermotor di Kota Yogyakarta lebih mudah. Demikian sambutan Kepala Seksi Surat Tanda Nomor Kendaraaan (STNK) Dit Lantas Polda DIY Kompol Lutfi saat memberikan sambutan pada peresmian Samsat Kelurahan di Kantor Kelurahan Wirogunan Yogyakarta, Senin (10/4/2017) pagi.

Dirinya menambahkan Samsat Kelurahan ini melayani pembayaran pajak tahunan atau pengesahan tahunan STNK, dan untuk pelayanan pengurusan pajak kendaraan lima tahunan tetap dilakukan di Samsat Induk. Pelayanan pengesahan pajak kendaraan tahunan melayani tidak hanya warga Jogja namun pewajib pajak kendaraan bermotor seluruh wilayah DIY.

“Jika tidak banyak warga yang mengantre untuk membayar pajak, seluruh proses administrasi dapat diselesaikan dalam waktu dua menit,” terang Kompol Lutfi.

Sementara itu, Camat Mergangsan Tyasning Handayani berharap, “Keberadaan Samsat Kelurahan di Kelurahan Wirogunan akan semakin memudahkan wajib pajak atau pemilik kendaraan untuk membayar pajak karena lokasinya dekat dengan tempat tinggal mereka.”

Hal senada juga dituturkan oleh Lurah Wirogunan Suprihastuti, dia menyampaikan sangat bangga karena kelurahan yang dipimpinnya menjadi percontohan sistem pelayanan pembayaran pajak kendaraan bermotor.

Jadwal pelayanan Samsat Kelurahan setiap hari Senin sampai dengan Kamis mulai pukul 08.00 s/d 12.00 wib. Sedangkan hari Jumat dan hari Sabtu akan dilayani mulai 08.00 s/d 11.00 wib. Hari Minggu dan hari libur nasional pelayanan Samsat Kelurahan tidak beroperasi.

Launching  tersebut dihadiri oleh pejabat dari Ditlantas Polda DIY, Dinas Pendapatan Daerah dan Forkompimca serta warga sekitar.

Sebelumnya, sudah empat Samsat Desa beroperasi di wilayah Jogja. Empat Samsat Desa tersebut adalah, Samsat Desa Semugih, di Rongkop Gunungkidul, Samsat Desa Pakembinangun, di Pakem Sleman, Samsat Desa Palihan, di Temon Kulonprogo, dan Samsat Desa Sidomulyo di Bambanglipuro Bantul.

penulis : rendRa
editor : Umi Fadilah
publish : jay jogja

Admin Polri56598 Posts

tribratanews.polri.go.id "Portal Berita Resmi Polri : Obyektif - Dipercaya - Patisipatif"

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password