Polsek Ngargoyoso Karanganyar Amankan Pencuri Kotak Amal di Masjid Wali Barokah

Tribratanews.polri.go.id-KARANGANYAR –  Joko Haryono (45) warga Kentangan, Desa Balong, Kecamatan Jenawi, tertangkap saat mencuri kotak infaq di Masjid Wali Barokah  yang berisi uang sebesar Rp1,5 juta yang berada di Dukuh Selourik, Desa Girimulyo, Ngargoyoso, Jumat (07/04/2017).

Beruntung takmir masjid mengetahui aksi yang dilakukan tersangka, sehingga uang infaq berhasil diselamatkan.

Kapolres Karanganyar, AKBP Ade Safri Simanjuntak, SIK, MSi  melalui Wakapolres Kompol Prawoko, SE  usai gelar kasus di Mapolres Karanganyar , Senin (10/4/2017) mengatakan, terungkapnya aksi pencurian ini, pertama kali diketahui oleh takmir Masjid  Wali Barokah, yang bernama Tulus.

Menurut Wakapolres, pada saat itu,  Joko  yang mengendarai sepeda motor Honda Beat Nopol AD 2110 ABF, melintas di depan Masjid Wahyu Hidayah.Karena situasi yang sepi, Joko  mengambil uang infaq yang ada di dalam kotak yang terbuat dari besi dengan cara menjugil gembok hingga rusak.

Dijelaskan Wakapolres, setelah berhasil  membuka  gembok, Joko  mengambil uang dan memasukkannya ke dalam tas yang sudah dipersiapkannya.Namun naas, sebelum berhasil membawa kabur uang hasil jarahannya, keburu ketahuan takmir Masjid dan langsung berteriak, maling.

Teriakan takmir ini mengundang perhatian warga, dan langsung mengamankan Joko.Massa yang datang , nyaris menghakimi Joko, beruntung, anggota  Polsek Ngargoyoso, langsung mendatangi lokasi dan mengamankan Joko. Selain mengamankan Joko, petugas juga mengamankan sepeda motor, serta  uang sejumlah Rp1,56 juta.

“Untuk penegembangan lebih lanjut, Joko yang sudah kami ditetapkan sebagai tersangka, bersama barang bukti, diamankan di Mapolres Karanganyar.Tersangka kami jerat dengan pasal 363 ayat 1 ke 5 KUHP dengan ancaman pidana tujuh tahun penjara,” terang Wakapolres.

Penulis: Iswanez
Editor: Umi Fadilah
Publish: Iswanez

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password