Polsek Tayan Hilir Amankan Aksi Unras Petani Plasma

Tribratanews.polri.go.id, Polda Kalbar -Sanggau , Bertempat di lokasi Pabrik Minyak Kelapa Sawit PT. SBI yang beralamat di Dsn. Padu Desa Beginjan Kec. Tayan Hilir telah dilaksanakan Penyampaian Aspirasi oleh petani Plasma PT. SBI yang dimotori oleh Tim 41 petani Plasma PT. SBI, Sabtu (08/04/2017).

Adapun kegiatan tersebut sebelumnya telah dibuat STTP Unras ke Mapolsek Tayan Hilir dengan nomor : STTP / 04 / IV / 2017 / ITK tanggal 07 April 2017.
Pada Pukul 09.00 Wib. massa berjumlah sekitar 250 orang berkumpul di area parkir angkutan TBS PMKS PT. SBI untuk mendapat arahan dari Ka Tim 41 sdr. Suwandi, ketua DAD Tayan Hilir Acam, dan Kanit Intelkam Tayan Hilir tentang tata tertib pelaksanaan kegiatan penyampaian aspirasi agar dapat berjalan aman dan tertib.
Selanjutnya sekitar pukul 10.00 Wib, massa menuju PMKS PT. SBI melaksanakan Pertemuan di ruang rapat kantor PMKS PT. SBI. Rapat tersebut dihadiri oleh Camat Tayan Hilir Toni Kulung, Kapolsek Tayan Hilir AKP Denni Gumilar, Danramil Tayan Hilir Kapten Duloh, Ketua DAD Tayan Hilir Acam, Ketua DAD Mec. Meliau, Kades Sei Jaman Torinus Toni, Kades Emberas F. Suanda, Ketua Tim 41 Sdr. Suwandi beserta Perwakilan Anggota Tim 41, dari pihak PT. SBI dihadiri oleh perwakilan direksi Mr. ABID.
Adapun dalam pertemuan tersebut disampaikan aspirasi petani plasma antara lain menuntut pembayaran TBS petani secara tunai terhitung dari Bulan Desember 2016, Januari dan Februari 2017 yang saat ini belum terbayar dan menutup aktifitas PMKS PT. SBI sampai tuntutan kami terpenuhi.
Mendesak manajemen PT. SBI untuk mengadakan pertemuan dengan Tim 41 membuat kesepakatan pambayaran jual beli TBS yang menjadi mitra PT. SBI.
Apabila poin 1 dan 2 tidak di indahkan maka kami akan menempuh jalar lain dalam menyelesaikan permasalahan dengan PT. SBI utk menghentikan dan atau memutuskan hubungan kemitraan dgn PT. SBI.
Untuk memperkuat tuntutan kami ini maka kami memasang manduh damai dengan segala saksi adat sesuai peraturan adat dayak tobak.
Adapun jawaban dari pihak PT. SBI bahwa pembayaran periode Desember 2016 sudah dilaksanakan pada Jumat tanggal 07 April 2017, berjumlah sekitar 5,9 M, sekira pukul 14.00 Wib. Dikirimkan kembali berjumlah krg lbh 3,5 M, tersisa sekitar 3 M yang belum dikirimkan.
Rencananya akan dilakukan pada hari Senin tanggal 10 April 2017, perihal pemasangan adat mandoh pihak perusahaan tidak bisa menghalangi dan setelah pemasangan mandoh otomatis aktifitas perusahaan PT. SBI dan SDK baik kebun maupun pabrik akan dihentikan 100 % sampai ada jawaban dari direksi.
Sekitar pukul 11.30 Wib, peserta rapat menuju pagar masuk PMKS PT. SBI untuk melaksanakan ritual pemasangan adat mandoh dilaksanakan oleh pawang adat Ds. Beginjan Wiliam disaksikan oleh Muspika, Pengurus Adat dan peserta aksi serta perwakilan Direksi PT. SBI.

Penulis : Denny Ardiyanto dan Reno Wisnu Pradana
Editor : Umi Fadillah
Publish : Cucu Safiyudin

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password