Polisi Mendata para WNA Pendaki Gunung Cartenz

Tribratanews.polri.go.id Polda Papua – Kapolres Mimika Akbp Victor Dean Macbon SH, SIK, MH, MSI Melalui Kasat Intelkam Polres Mimika Akp Banu Maulidina Isya, SIK Lakukan Monitoring Enam orang WNA yang akan melakukan pendakian gunung Cartenz, Senin (10/04/17).

Bertempat di bandara baru mozez kilangin timika papua, telah di lakukan monitoring 6 (Enam) WNA asal Kanada, Italia, Inggris dan  Australia yang akan melakukan pendakian di gunung cartenz. 6( Enam)  warga negara asing yang akan melakukan pendakian puncak cartenz  melalui Ilaga Kab. Puncak dengan sponsor  BPW INDONESIA EXPLORER mulai dari tanggal 8 April sampai 28 April 2017 dengan pemandu sebanyak 2 orang, Steven dan Broury. Belum adanya jalur pendakian yang resmi para WNA yang akan melakukan pendakian di gunung Cartenz harus melalui Timika kemudian terbang ke sugapa atau ilaga.

Monitoring di lakukan untuk mengetahui jumlah pendaki, Asal Negara  dan kelengkapan surat-surat yang di miliki oleh para pendaki WNA ini. Anggota sat intelkam juga menyampaikan pesan- pesan  untuk para WNA yang akan melakukan pendakian agar menaati peraturan dan jangan pernah berbuat hal yang notabene melanggar hukum atau merugikan para pendaki tersebut

Para WNA sangat berterimakasih atas penyampaian dari anggota sat intelkam yang menyampaikan pesan-pesan sebelum para WNA berangkat Melakukaan pendakian Gunung Cartenz.

Sampai saat ini belum ada jalur resmi untuk pendakian ke puncak cartenz, Sehingga biasanya para pendaki harus jalan kaki melaui wilayah sugapa intan jaya atau ilaga puncak sedangkan Timika hanya untuk tempat transit pesawat. “menekanan kepada para pendaki agar melakukan koordinasi dengan petugas keamanan di wilayah yang dilewati, jaga keselamatan dan hanya untuk tujuan wisata serta saat kembali tidak boleh melintasi area tambang PT.Freport  karena area tersebut bukan untuk umum”, tegas anggota sat intelkam.

Penulis : Enggar W.B

Editor     : Umi Fadilah

Publish   : Diyas

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password