Kadiv Humas Polri : Muhammad Nadir Umar akan Dipulangkan Sore Ini

⁠⁠⁠Tribratanews.polri.go.id – Mabes Polri,Perihal seorang anggota DPRD Kabupaten Pasuruan berinisial Muhammad Nadir Umar ini bukan di tangkap namun di jemput, yang bersangkutan merupakan deportan dari Turki.

Hal ini dibenarkan Kadivhumaspolri Irjen Pol Boy Rafli Amar saat jumpa pers pada Senin (10/4/2017).

Adapun kronologis yang bersangkutan yakni Pada tanggal 31 Maret 2017 berangkat melalui rute Bandung – Surabaya – Kuala Lumpur (Malaysia) – Istambul (Turki).

Kemudian Pada tanggal 1 April 2017 sampai di Istambul (Turki), dijemput oleh perwakilan Qoirum Umah yang berada di Istanbul. Sore harinya mengunjungi lokasi pengungsian warga Palestina (penyaluran bantuan).

Pada tanggal 2 April 2017, berangkat ke Gazianteb untuk menyalurkan bantuan dan sorenya perjalanan dilanjutkan ke Kota Rayhanli (perbatasan Turki-Suriah) untuk melakukan hal serupa dan menginap dikantor cabang Qoiru Umah di Rayhali. Besoknya, 3 April 2017, kembali ke Istambul.

Berita terkait : http://tribratanews.polri.go.id/?p=129446

Lalu Pada tanggal 4 April 2017 , berangkat ke Lebanon dari Istanbul. Sesampainya di Lebanon ada kendala visa, yang mengakibatkan mereka kembali ke Istambul. Karena diketahui mereka sudah keperbatasan, maka diamankan pihak imigrasi Turki.

Pada tanggal 5 April 2017, dilakukan pemeriksaan imigrasi di Istanbul. Dan selanjutnya Pada tanggal 6 April 2017, dideportasi ke Indonesia (Bandung dan Surabaya) via Kuala Lumpur.

” Jadi Pak Nadir bukan ditangkap tapi dijemput saat mendarat di Bandara Juanda, sesuai dengan prosesur pemulangan warga negara dari negara lain,” ujar Irjen Pol Boy Rafli.

Kadivhumas Polri yg didampingi oleh Abu Bakar Al Habsyi, juga mengatakan bahwa penjemputan ini sudah sesuai SOP dan merupakan salah satu upaya pencegahan warga negara Indonesia agar tdk terlibat konflik di Suriah.

Pada kesempatan itu Abu Bakar Alhabsyi yang juga merupakan Ketua Komisi III DPR RI mengatakan Muhammad Nadir Umar di deportasi karena terkendala visa. “Visa masuk Lebanon tidak ada, ada info bisa menggunakan visa on arrival. Ternyata sampai Lebanon tidak bisa menggunakan visa on arrival”, ujar Abu Bakar.

Saat ini Muhammad Nadir Umar sudah selesai menjalani pemeriksaan dan akan dipulangkan nanti sore ke keluarganya di Pasuruan, Jawa Timur.(*)

Penulis : Tim

Editor : Umi Fadilah

Publish : Alam / Veri

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password