Jalan Sehat SSR TB-HIV Care Aisyiyah Pringsewu Lampung, Polisi Terjunkan Personil Pengamanan

IMG_20170409_36632

Tribratanews.‎polri.go.id – Polres Tanggamus. Kepolisian Sektor Pringsewu melaksanakan pengamanan jalan sehat pada lonching S‎ub-Sub Resepient (SSR) ‎TB-HIV care Aisyiyah kabupaten Pringsewu. Dipusatkan di lapangan Pendopo Pringsewu,  Penjabat Bupati Pringsewu, Drs. Yuda Setiawan, MM secara simbolis melepas peserta jalan sehat, Minggu (9/4/17) pagi.

Dalam sambutannya, Penjabat Bupati Pringsewu, Yuda Setiawan mendukung penuh program yang di lak‎sanakan SSR ‎TB-HIV care Aisyiyah dalam menanggulangi masalah TB – HIV di Bumi Jejama Secancanan.

‎”Saya berharap kegiatan ini dapat terus dipertahankan dan ditingkatkan kedepan kepada masyarakat dalam menanggulangi masalah TB.  Sehingga pelayanan kesehatan benar-benar meningkat lebih baik dan masyarakat Kabupaten Pringsewu bebas TB,”pintanya.

Se‎mentara itu, Ketua Umum Aisyiyah Kabupaten Pringsewu, ‎Hj. Umi Kusiati, M. pd menjelaskan SSR TB – HIV care Aisyiyah merupakan salah satu sub -sub resepient (SSR) community TB – HIV care Aisyiyah di Provinsi Lampung.

“Program TB – HIV care Aisyiyah adalah mewujudkan masyarakat yang berperilaku hidup bersih dan sehat serta pelayanan kesehatan yang bermutu,”ujar dia.

Selain itu lanjut Hj. Umi Kustiati,  Comunitas TB – HIV care Aisyiyah juga sudah menggerakan masyarakat untuk peduli menanggulangi penyakit TB di lingkungan keluarga dan komunitasnya.

“Alhamdulillah pada tahun 2017 ini Aisyiyah Pringsewu mendapatkan Amanah dari SR Lampung untuk menangani masalah TB – HIV di kabupaten Pringsewu,”terangnya. ‎

Kepala SSR TB – HIV care Aisyiyah Pringsewu, Hj. Siti Nurlaelawati, S.ST  mengatakan kegiatan ini bertujuan memperkenalkan kepada seluruh masyarakat Pringsewu ada komunitas peduli TB – HIV care di kabupaten Pringsewu.

“Untuk itu kami berharap kepada seluruh masyarakat untuk berpartisipasi dalam menanggulangi masalah TB – HIV di Kabupaten Pringsewu. Bahkan, kami juga mohon kerjasamanya dengan pemerintah setempat serta lembaga terkait khususnya dinas kesehatan untuk bersama sama mendorong program ini, sehingga pelayanan kesehatan meningkat lebih baik dan masyarakat Kabupaten Pringsewu bebas TB,”harapnya. ‎

‎Menurut ‎Hj. Siti Nurlarlawati, S.ST yang sekaligus ketua pelaksana kegiatan‎, bahwa program utama dari kegiatan ini adalah meningkatkan angka penemuan kasus (Case Detection Rate) dan angka kesembuhan pasien (Succes Rate) di unit pelayanan kesehatan pemerintah dan non pemerintah dengan pengelolaan masyarakat (kader).

“Disamping itu juga kami sudah melakukan recuitment dan pelatihan kader sebanyak 48 kader yang akan menjalankan tugasnya di sembilan kecamatan dikabupaten Pringsewu. Karena, seluruh kader juga sudah berjalan dengan aksi ketuk pintu, dari aksi ketuk pintu dari masing – masing kader sebanyak 44 pintu, dari aksi ketuk pintu tersebut didapatkan 91 orang terduga TB dan 8 orang TB positif,” Kata dia.

Pada kesempatan ‎lonching dan jalan sehat TB – HIV care Pringsewu tampak dihadiri juga kepala Dinas Kesehatan Pringsewu, Purhadi dan instansti terkat berserta  diikuti masyarakat dengan jumlah peserta kurang lebih 2000 orang.‎

Kapolsek Pringsewu, Kompol Maimun Karim melalui Kasi Humas Aiptu Alvira, SH mengatakan, Secara tertutup dan terbuka dilakukan dalam pengamanan, semua dilakukan guna antisipasi kejadian di tengah kegiatan dengan menerjunkan 20 petugas pengamanan.

“Jajaran Polres Tanggamus berupaya memberikan pelayanan prima, sebagaimana tugas fungsi dari polisi. Selama berlangsung kegiatan berjalan dengan aman dan lancar” kata Aiptu Alvira. (*)

Penulis  : N.Muslih
Editor     : Umi Fadilah
Publish  : N.Muslih Lpg

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password