Kapolda Sulsel Terjun Langsung Pantau Situasi Kamtibmas di Perairan Kota Makassar

Tribratanews.polri.go.id – Makassar Sulsel, Kepala Kepolisian Daerah Sulawesi Selatan Irjen Pol Muktiono turun langsung Berpatroli memantau Situasi Kamtibmas di perairan Laut Sekitar Kota Makassar, Minggu (09/04/17) pagi.

Didampingi Wakapolda Sulsel Brigjen Pol Gatot Eddy Pramono, Kasat Brimob Polda Sulsel Kombes P Adeni Mohan Daeng Pabali dan Dir Pol Air Polda Sulsel Kombes Pol Purwoko Yudianto melakukan Pemantauan di perairan laut tiga pulau yakni Pulau Barang Ca’di, Pulau Koding Areng Besar dan Pulau Samalona.

Selain melakukan pemantauan, Kapolda Sulsel juga melakukan sambang ke kapal – kapal nelayan dan Pulau Samalona.

“Hal ini untuk melakukan penyuluhan dan pembinaan kepada masyarakat serta deteksi dini kemungkinan adanya pendatang baru yang merupakan pelaku teror, Ucap Muktiono.

Muktiono mengimbau kepada masyarakat agar ikut aktif dalam menjaga keamanan dan lingkungan masing–masing, apabila menemukan atau melihat adanya aktivitas yang mencurigakan segera laporkan kepada Bhabinkamtibmas atau Kantor polisi terdekat.

Patroli Laut bertujuan untuk pengawasan dan pembinaan terhadap para nelayan lokal dan membatasi ruang gerak bagi nelayan asing yang beroperasi di wilayah perairan, sehingga nelayan tradisional dapat meningkatkan hasil tangkapannya. disisi lain kesiap siagaan petugas di bidang perhubungan laut sangat di harapkan untuk dapat memberi kontribusi dan kerja sama yang melekat.‎

Jangan sampai kurangnya pengawasan akan memberikan keleluasaan nelayan menggunakan alat tanggkap illegal seperti pukat harimau dan penggunaan Bom Ikan. Kegiatan penangkapan yang dilakukan  nelayan seperti  menggunakan bahan peledak, bahan beracun dan menggunakan alat tangkap trawl, bertentangan dengan kode etik penangkapan. ‎

Kegiatan tersebut tentu akan merugikan bagi sumber daya perairan yang ada. Kegiatan illegal itu akan memberikan dampak yang kurang baik bagi ekosistem perairan, akan tetapi memberikan keuntungan yang besar bagi nelayan. Ini tidak bisa dibiarkan terjadi.

Patroli Laut akan terus dilakukan untuk memperkecil kegiatan kegiatan illegal fishing adalah penggunaan alat tangkap yang dapat merusak ekosistem seperti kegiatan penangkapan dengan pemboman, penangkapan dengan menggunakan racun serta penggunaan alat tangkap trawl pada daerah yang memiliki karang.‎

Penulis : Apri

Editor : Umi Fadilah

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password