Polres Mimika Mengamankan Aksi Unjuk Rasa Masyarakat Adat Independen

Polres Mimika Mengamankan Aksi Unjuk Rasa Masyarakat Adat Independen

tribratanews.polri.go.id Polda Papua, Timika – Sebanyak 100 orang yang menamakan diri Masyarakat Adat Independen (MAI) Menuntut PT. Freeport Indonesia untuk Ditutup di Bundaran Timika Indah Jln. Budi Utomo Timika, Jumat (07/4/2017) siang.

Kegiatan yang dikoordinir oleh Damaris Onawame dengan penanggung jawab Ronny Nakiaya dan Selvina Magal ini sebagai aksi serentak di sejumlah wilayah yang intinya dalam rangka penyampaian aspirasi tentang ketidakpuasan dari kehadiran Perusahaan PT Freeport Indonesia selama ini bagi rakyat Papua, pada umumnya bagi Suku Amungme dan Suku Kamoro pada khususnya.

Dalam aksi unjuk rasa ini massa menggunakan alat peraga kendaraan Pick Up, pengeras suara megaphone, dan spanduk-spanduk yang dibentangkan di bundaran Timika Indah.

Polres Mimika Mengamankan Aksi Unjuk Rasa Masyarakat Adat Independen-

Dalam penyampaian orasinya Damaris Onawame mengatakan bahwa sudah setengah abad Freeport racuni Amungme – Komoro dan Papua, duka Amungme – Komoro Selama 50 Tahun.

“Hari ini Genap 50 tahun sudah PT. Freeport mengeksploitasi sumber daya alam Papua, dimana sejak masuknya PT. Freeport di Timika. Negara Indonesia dan PT. Freeport tidak pernah melibatkan dan menghargai hak-hak masyarakat adat dua suku besar Amungme – Kamoro,” ujar Damaris.

Dalam kegiatan tersebut Kapolres Mimika AKBP Victor D. Mackbon, SH, SIK, MH, MSi melalui Kabag Ops Kompol I Nyoman Punia, S.Sos Memimpin Dalmas dan Staf serta PJU Polres Mimika untuk melaksanakan pengamanan di sekitar Bundaran Timika Indah.

“Untuk menjaga keamanan di daerah sekitar Bundaran Timika Indah, kami melaksanakan pengamanan yang ketat terhadap aksi dari massa yang menamakan dirinya Masyarakat Adat Independen ini,” pungkas Kompol I Nyoman Punia.

Penulis                 : Hempi
Editor                   : Umi Fadilah
Publish                 : Reinaldy

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password