Pekan Suci Paskah 2017:Polres Belu Dan Jajaran, Amankan Perayaan Minggu Palma

indexIMG_1370Tribratanews,polri.go.id-Polda NTT, Puluhan ribu umat Katholik, minggu (9/4/17), merayakan Minggu Palma yang merupakan bagian dari rangkaian Pekan suci dalam Katolik. Dalam tradisi agama Katholik, selalu menggelar upacara suci dalam perayaan Paskah, yakni Minggu Palma,Kamis Putih, Jumat Agung, dan berakhir dengan Paskah yang merupakan peringatan kebangkitan Yesus.

Daun-daun palma yang dibawa dalam perayaan ini, mempunyai arti penting bagi umat Katolik karena merupakan perwujudan mengenang peristiwa masuknya Yesus ke kota Yerusalem sebelum Ia disalibkan. Arak-arakan yang diikuti umat Katolik pagi tadi, digelar di sekitar gereja maupun ke luar Gereja.

Untuk itu, guna menciptakan situasi aman dan kondusif sebelum,selama dan sesudah pelaksanaan ibadah Misa, Anggota Polres Belu & Polsek jajaran, sejak pukul 05.30 pagi tadi, melaksanakan pengamanan perayaan minggu Palma di Gereja-gereja Katholik se-Kab.Belu & Malaka.

Selain melaksanakan pengamanan minggu Palma, personil yang terlibat dalam Pengamanan Operasi Semana Santa 2017, juga melaksanakan pengamanan di Gereja-gereja Kristen Protestan. Puluhan ribu Umat Kristiani yang ada di Kab.Belu & Malaka, menjalankan ibadah dengan penuh ketenangan dan kedamaian.

Didukung personil Subden 2 Pelopor Brimob Atambua, TNI, Dishub Darat & Sat Pol PP sera unit pemadam kebakaran, Personil Polres & Polsek jajaran,melaksanakan pengamanan di dalam maupun diluar gereja. Pengamanan ini bertujuan memberikan jaminan rasa aman, & nyaman untuk umat yang melaksanakan Ibadah Misa serta melancarkan arus lalu lintas.

Berdasarkan laporan yang dihimpun dari petugas dilapangan, di sejumlah Gereja baik di Belu maupun Malaka,ada yang masih menjalankan ibadah/kebaktian namun sebagian besarnya lagi telah berakhir dalam keadaan aman dan lancar.

Pengamanan Paskah ini sendiri sesuai dengan konsep Ops Semana Santa, akan berlangsung selama 15 hari, terhitung dari tanggal 7 s/d 21 April 2016, dengan mengedepankan kegiatan preemtif dan preventif, didukung kegiatan penegakkan hukum dan kegiatan intelijen, guna terciptanya situasi kamtibmas yang aman & kondusif.

Penulis : Eja Manto

Editor : Umi Fadilah

Publish : Eja Manto

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password