Patroli Dialogis oleh Bhabinkamtibmas Kel. Kauman Pasar Kliwon Surakarta Himbau Jaga Kamtibmas

IMG-20170408-WA0014

Tribratanews.polri.go.id. Polresta Surakarta. Guna mendekatkan diri dengan masyarakat bawah dan menyerap informasi serta memberi himbauan Kamtibmas maka melakukan kegiatan sambang dan Patroli dialogis untuk berdialog di tempat-tempat yang dianggap ramai dan banyak dikunjungi masyarakat adalah sangat efektif.
Bhabinkamtibmas Kel. Kauman Aiptu Slamet Priyanto mengatakan kegiatan sambang dialogis merupakan bagian dari program e-bhabin yang dilakukan polisi berseragam ini, agar lebih mendekatkan diri dengan masyarakat Pasar Kliwon khususnya kawasan sekitaran Pasar Klewer Kauman Kamis ( 8/4/2017 ) pukul 09.30 Wib.
Dengan penempatan polisi berseragam atau berbaju dinas Polri itu dilakukan di tempat-tempat keramaian seperti halnya kawasan toko kemasan coyudan, pusat perbelanjaan beteng dan perkantoran perbankan yang berlokasi di sekitaran Jl Slamet Riyadi Gladak, Jl Mayor Sunaryo dan Jl Radjiman serta lainnya.
Bukan itu saja, personil yang diturunkan dalam rangka patroli dialogis polisi berseragam itu dengan maksud dan tujuan adalah agar masyarakat senang dan merasa nyaman serta aman apabila mereka melihat ada polisi berpakaian seragam sehingga pelaku kejahatan juga berpikir melakukan aksi bila melihat polisi,” terangnya
Dengan adanya polisi berseragam tersebut melakukan patroli dialogis ketempat-tempat rawan agar pelaku kejahatan, merasa mereka selalui diawasi dan dipantau oleh polisi.
Kegiatan sambang dengan berdialogis polisi berseragam itu akan dilaksanakan secara rutin dan berkelanjutan oleh anggota Bhabinkamtibmas, karena masyarakat merasa senang dengan hadirnya polisi di tengah-tegah masyarakat.
“Masyarakat tidak usah takut dengan polisi, silahkan lapor apabila mengalami aksi kejahatan, dan berdasarkan laporan tersebut maka polisi bisa langsung menindak lanjuti,” ucapnya.
Dia mengatakan, pada siang hari pun polisi berseragam selalu hadir di tengah-tengah masyarakat, seperti di pasar-pasar besar dan pusat grosir dan perbankan.
Bukan itu saja, para polisi tersebut juga melaksanakan patroli dialogis dengan melakukan komunikasi dengan para pekerja yang mangkal di sekitaran pasar klewer seperti sopir angkuta, tukang becak, ojek online, buruh pasar dan lainnya.
“Kita lakukan sambang dialogis itu dimaksudkan agar tingkat keamanan di suatu daerah atau kawasan, dengan sambang itu kita bisa mengetahui tingkat kerawanan / permasalahan di suatu kawasan, karena kita melakukan komunikasi langsung dengan warga di kawasan yang kita lakukan kunjungan / sambang bhabin,” tutupnya.
Penulis : Miun.Kliwon
Editor   : Umi Fadilah
Publish : Sumarjo

Admin Polri55931 Posts

tribratanews.polri.go.id "Portal Berita Resmi Polri : Obyektif - Dipercaya - Patisipatif"

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password