Kapolri : Ideologi Radikal Dilawan Dengan Kontra Radikalisasi

Tribratanews.polri.go.id – Mabes Polri, Kapolri Jenderal Pol Drs Tito Karnavian, M.A, Ph.D, Pagi ini, Sabtu (7/4/2017) menjadi narasumber dalam semiloka yang digelar Indonesian Conference on Religions for Peace (ICRP).

IMG-20170408-WA0034

Semiloka yang dilaksanakan di Hotel Aryaduta, Menteng tepatnya di kawasana depan Tugu Tani, Jakarta Pusat, mengangkat tema Indonesia di Persimpangan antara Negara Pancasila vs Negara Agama.

Diskusi ini dibuka  oleh Menko Kemaritiman Jenderal (Purn) Luhut Panjaitan dengan pembicara utama yakni Buya Syafii Maarif dan diskusi session pertama diisi Kapolri Jenderal Pol Drs Tito Karnavian, M.A., Ph.D.

Kapolri  dalam pemaparanya mengungkapkan situasi kamtibmas dalam negeri masih kondusif dan terkendali.

Ditambahkan Kapolri, Fenomena situasi keamanan dalam negeri khususnya yang terkait keberagaman saat ini dipengaruhi oleh 2 faktor yaitu faktor internal dan faktor eksternal.

” Ada 2 faktor yang mempengaruhi keberagaman yakni faktor internal dan eksternal, ujar Kapolri.

Selanjutnya Kapolri menjelaskan,

Faktor internal adalah kesenjangan ekonomi masyarakat yang sangat rawan dieksploitasi utk kepentingan tertentu.

Sedangkan Faktor eksternal adalah situasi politik global ditandai degan demokratisasi yang cenderung liberal.

“Faktor internal dan faktor eksternal tersebutlah yang memberi pengaruh dlm situasi dalam negeri Indonesia, “terang Jenderal Pol Drs Tito Karnavian.

Jenderal Pol Drs Tito Karnavian juga mengatakan salah satu upaya yang dapat dilaksanakan untuk melawan ideologi radikal adalah dengan kontra radikalisasi.

Kontra radikalisasi dilaksanakan dengan mengoptimalkan peran 3 ideologi yaitu: ideologi Pancasila, ideologi Islam sinkretis (Islam yang menyatu secara harmoni dengan budaya Indonesia yaitu Islam Nusantara ala NU dan Islam Berkemajuan ala Muhammadiyah), serta

– ideologi demokrasi yang harus mampu mewujudkan kesejahteraan masyarakat.(*)

Penulis : Tim

Editor :Umi Fadilah

Publish :Alam /Veri

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password