Bhabinkamtibmas Pajang Laweyan Surakarta Memberi Pembekalan Kamtibmas kepada Kader Siaga Tramtib

IMG-20170408-WA0000

Tribratanews.polri.go.id. Polresta Surakarta. Sebanyak 9 personil kemarin Jum’at (7/4/2017) tampak berkumpul di Balai Kelurahan Pajang. Siang itu pukul 13.00 – 14.00 WIB mereka mendapatkan pembekalan Kamtibmas dari Bhabinkamtibms Kelurahan Pajang Bripka Slamet Widodo.
Pembekalan ini dimaksudkan untuk menyampaikan materi mengenai Kamtibmas yang sesuai dengan Tupoksi mereka sebagai Kader Siaga Tramtib. Disamping itu juga disampaikan beberapa rencana program yang telah disusun oleh Bhabinkamtibmas. Rencana program ini akan dilaksanakan bersama-sama melibatkan BhabinkamtibmS, Babinsa dan Kader Siaga Tramtib.
Pada penyampaian materinya, Bripka Slamet Widodo mengatakan bahwa Kader Siaga Tramtib merupakan mitra kerja Bhabinkamtibmas yang dibentuk oleh dan untuk masyarakat. Sesuai dengan Tupoksi-nya, Kader Siaga Tramtib diharapkan dapat bekerjasama dengan Bhabinkamtibmas maupun Babinsa setempat dalam hal melakukan deteksi dini, ketanggapsegeraan melaporkan situasi secara berjenjang, menyelesaikan permasalahan yang ada dalam masyarakat melalui cara penyelesaian secara kekeluargaan atau musyawarah untuk mufakat, dan hasil dari penyelesaian tersebut tidak berdampak atau menimbulkan permasalahan baru.
Tentang permasalahan yang biasanya timbul di masyarakat, masih menurut Bripka Slamet Widodo disampaikan bahwa kasus pertengkaran dalam keluarga atau dengan tetangga dari cekcok mulut hingga penganiayaan ringan masih cukup sering terjadi. Kemudian juga kerawanan tempat kost yang disalahgunakan sebagai tempat kumpul kebo, dan lemahnya pengawasan baik oleh pemilik maupun penghuni kost mengakibatkan sering terjadi kasus pencurian. Permasalahan Miras dan Narkoba juga harus mendapatkan perhatian bersama untuk diantisipasi. Serta kenakalan remaja yang biasanya terjadi adalah perkelahian antar siswa sekolah.
Rencana program kedepan, Bhabinkamtibmas mengajak Kader Siaga Tramtib untuk melakukan pendataan tempat kost dan penginapan yang rawan penyakit masyarakat, mengintensifkan pemantauan, memetakan wilayah binaan yang rawan Miras atau Narkoba, serta memberikan sosialisasi masalah Kamtibmas ke tiap-tiap RT di wilayah Kelurahan Pajang.
Penulis : Heri Laweyan
Editor   : Umi Fadilah
Publish : Sumarjo

Admin Polri54172 Posts

tribratanews.polri.go.id "Portal Berita Resmi Polri : Obyektif - Dipercaya - Patisipatif"

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password