Jangan Remehkan Peran Linmas

Tribratanews.polri.go.id – Polres Trenggalek, Perbandingan rasio antara Polri dengan masyarakat masih cukup tinggi. Di Kabupaten Trenggalek rasio masih mencapai 1 : 1.236, artinya 1 orang polisi harus melayani sebanyak 1.236 masyarakat. Ketimpangan yang cukup tinggi ini menuntut Polri harus bermitra dengan semua potensi masyarakat yang bisa digunakan sebagai perbantuan perkuatan Polisi tugas umum. Satu diantaranya adalah Linmas atau perlindungan masyarakat yang dahulu lebih dikenal dengan sebutan Hansip.

Di Trenggalek keberadaan Linmas masih cukup dominan. Disetiap kegiatan masyarakat hingga soal hajatan, Linmas berperan membantu menjaga keamanan, menyeberangkan masyarakatan hingga soal urusan parkir.

Karena perannya yang demikian besar, Satbinmas Polres Trenggalek melaksanakan pembinaan dan pembekalan kepada Linmas Desa Karangsoko Kecamatan Trenggalek, Jumat (07/04). Sebagai instruktur utama adalah Kanit Binkamsa Satbinmas Polres Trenggalek Ipda Rudi Sugiarto, SH didampingi Bhabinkamtibmas setempat Bripka Devit dan Babinsa Serda Agus. Turut hadir Kepala Desa Karangsoko Slamet, perangkat desa dan 32 anggota Linmas.

Dalam kesempatan tersebut Ipda Rudi menyampaikan apresiasi kepada kepala desa dan perangkatnya atas perhatian kepada Linmas dengan memberikan perlengkapan perorangan berupa seragam lengkap Linmas.

“Saya mewakili pribadi dan kesatuan mengapresiasi dan menyampaikan penghargaan setinggi-tingginya kepada kepala desa dan jajarannya atas pemberian seragam Linmas. Semoga bisa menambah semangat dan motivasi Linmas dalam bekerja dan memberikan pelayanan kepada masyarakat” ujar perwira yang kebetulan juga warga Karangsoko ini.

Setelah memberikan materi dasar wawasan kebangsaan dan peran Linmas sebagai mitra kerja Polri, kegiatan dilanjutkan dengan memberikan pembekalan PBB (peraturan baris berbaris) kepada seluruh anggota Linmas serta penggunaan seragam yang baik dan benar.

Penulis : Ady

Editor : Umi Fadilah

Publish : Handoko

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password