Taktik dan Teknik ini Terus Diajarkan kepada Sepuluh Baja Polres Trenggalek

Tribratanews.polri.go.id – Polres Trenggalek, Meskipun sudah mengikuti pendidikan selama 7 bulan di lembaga pendidikan Polri, para Bintara Remaja (Baja) tidak serta merta bisa dilepaskan begitu saja untuk menjalankan tugas sebagai seorang Polisi. Selain masih baru beberapa hari bergabung di institusi Polri dan minim pengalaman kerja, bimbingan dari senior dan pelatihan masih diperlukan guna membekali mereka kemampuan yang dibutuhkan saat terjun ke lapangan.

Kabagsumda Polres Trenggalek Kompol Sumilih, SH menuturkan, ke-10 orang Baja Polres Trenggalek akan terus digembleng dengan pelatihan-pelatihan fungsi Kepolisian yang bersifat pragmatis.

“Kita pertimbangkan antara skill, pengalaman dan resiko kerja yang akan dihadapi para Baja ini. Pelatihan dimaksudkan untuk memberi mereka bekal lebih selain ilmu dan pengetahuan yang didapat dari SPN (Sekolah Polisi Negara)” ujar Kompol Sumilih.

Masih kata Kompol Sumilih, mengingat para Baja ini adalah lulusan Bintara PTU (Polisi Tugas Umum), untuk sementara mereka dititipkan di fungsi Sabhara yang memiliki tugas dan fungsi lebih kompleks meliputi pengaturan, pengawalan, penjagaan dan patroli.

Demi meningkatkan kemampuan para Baja, hampir setiap hari Kasatsabhara Polres Trenggalek AKP Rudi Purwanto, SH memberikan pelatihan berbagai macam kemampuan perorangan yang wajib dimiliki oleh tiap anggota Polri.

Seperti yang terlihat di halaman Mapolres Trenggalek pagi ini, Jumat (07/04). Ke-10 Baja tersebut diberikan pelatihan khusus tentang teknik dan taktik penyergapan dan cara melumpuhkan pelaku kejahatan. Masing-masing orang diberikan peran sesuai dengan Protap penyergapan.

“Saat dibutuhkan, mereka sudah tahu apa yang harus dilakukan. Tujuannya tak lain adalah keberhasilan dan mengurangi resiko bagi anggota sendiri” ujar AKP Rudi.

Menurut AKP Rudi, usia para Baja yang relatig masih remaja lebih mudah menerima dan mengaplikasikan pada penugasan di lapangan.

“Yang terpenting kontrol dari para senior dan kendali dari para perwiranya” pungkas AKP Rudi.

Penulis : Ady

Editor : Umi Fadilah

Publish : Handoko

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password