KASUS PENCURIAN BATUBARA DI KALTIM : Pakai Kapal Klotok, Tiga Pelaku Diamankan Polisi Perairan

kasus-pencurian-batubara-di-kaltim-pakai-kapal-klotok-tiga-pelaku-diamankan-polairPOLDA KALTIM – Ketiga pencuri batubara milik PT. Anugerah Bara Kaltim yang sempat menempel di  tongkang TK.BP011  yang ditarik Kapal TB.BPXVI ditangkap jajaran Direktorat Polair Polda Kaltim, di perairan Muara Berau, Tenggarong, Kalimantan Tmur,  Selasa (27/12/2016) pukul 00.30 wita.

Pada saat itu anggota saya sedang melaksanakan patroli di sekitar lokasi, melihat kapal motor tanpa nama yang mencurigakan maka dilakukan pemeriksaan, ungkap Kombes Omad. Para pelaku ini, tertangkap tangan sedang memindahkan batubara dari atas ponton ke kapal mereka, tambahnya.

“Pelaku melakukan pencurian batu bara, di atas TK.BP011  yang ditarik Kapal TB.BPXVI, di sekitar di perairan Muara Berau Kab.Kukar ,00″14’278 S – 117″34’179 T,” papar Dir Polair Polda Kaltim Kombes Omad.

Omad menerangkan, para pelaku yang diamankan yakni P (juragan kapal), S (ABK), dan A (ABK), tidak berkutik saat sedang mencuri. Dari ketiga tersangka diamankan barang bukti berupa 1 (satu ) Unit KM.TANPA NAMA, 2 (dua) Buah Sekop, 1 (satu) buah keranjang,  Batu Bara kurang lebih 18 Ton.

Modunya sendiri para pelaku dengan mengunakan kapal klotok merapat ke Tongkang yang sedang berlayar dan setelah para pelaku naik keatas tongkang klotok meninggalkan para pelaku untuk mengambil batu bara ditongkang,

Ketiga pelaku ditetapkan sebagai tersangka, dengan jeratan pasal 363 KUHP tentang Pencurian. Pelaku dan barang bukti di amakan di Mako Direkotorat Polair Polda Kaltim guna penyelidikan lebih lanjut. “Kasus ini masih terus kami kembangkan” tegas Omad. Saya perintahkan kepada anggota agar lebih ditingkatkan patroli guna mengurangi tindak kejahatan di perairan Kaltim, tambahnya.

Admin Polri55933 Posts

tribratanews.polri.go.id "Portal Berita Resmi Polri : Obyektif - Dipercaya - Patisipatif"

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password