Kapolres Kediri Kota  Minta Anggota Siaga 24 Jam Dilokasi Longsor Bantu Masyarakat

Tribratanews.polri.go.id – Polres Kediri Kota–
Kapolres Kediri Kota AKBP Anthon Haryadi, S.IK, M.M.H meminta anggotannya untuk siaga di lokasi longsor hingga suasana benar-benar aman, Jumat (7/4)

Kunjungan kedua  AKBP Anthon di di lokasi longsor merupakan tanggungjawab yang besar memberi rasa aman di lokasi longsor.

Kehadirannya yang dikawal para pejabat utama ini menggunaka roda dua sekaligus bisa meninjau lokasi yang paling dalam.

AKBP Anthon Hariyadi menjelaskan, pihaknya berharap kepada  korban bencana tanah longsor tetap sabar. Selama ini tim gabungan dari Dinas Kesehatan, Dinas Sosial, Puskesmas Mojo dan Urdokkes Polres Kediri Kota melakukan pantauan dan membuka posko 24 jam.

Kita akan pantau kondisi pengungsi agar tetap baik kesehatanya. Mereka tetap akan disini selama kondisi rumahnya masih rusak. Ada enam rumah yang terdampak longsor langsung dan tujuh rumah yang terancam longsor. Yang utama keselamatan warga dulu kita utamakan,” jelasnya.

Bantuan sembako, kasur dan tikar untuk saat ini bisa dimanfaatkan dengan baik. Untuk cek kesehatan terus dilakukan sejak Kamis malam. Ini dimaksudkan agar kondisi warga tetap prima dan tidak menurun. Karena kondisi pengungsi masih syok.

“Kita tetap pantau kondisi sekitar lokasi longsor dan menyelamatkan warga yang utama. Ada keretakan tanah disisi timur sepanjang satu meter dan kita tidak ingin warga jadi korban longsor dan menyelamatkan yang ada dahulu,” imbuhnya.
0ee0d426-60eb-4ee4-b6f0-edcd8b326cc7-750x450

Selain itu Polres Kediri Kota juga melakukan tindakan lain dalam penanganan bencana ini, pertama :
1. Memindahkan para korban untuk sementara waktu di ungsikan di balai desa surat kec. Mojo kab. Kediri

2. Menyediakan dapur umum untuk kebutuhan makan para korban bencana longsor

3. Melakukan mitigasi bencana yaitu melakukan serangkaian upaya evaluasi terjadinya bencana susulan atau suatu tindakan bisa atau tidaknya dilakukan relokasi agar tidak menimbulkan masalah baru.

4. Melakukan komunikasi dengan badan penanggulangan bencana daerah kab. Kediri.Menempatkan petugas pelayanan baik makan maupun kesehatan kepada para korban di lokasi pengungsian.

5. Menempatkan sejumlah personil polri di lokasi bencana maupun di lokasi pengungsian guna melakukan pengaman terhadap barang maupun keselamatan jiwa para korban.

6. Melakukan koordinasi dengan instansi terkait, dinsos kab. Kediri, BPBD Kab. Kediri, Muspika Mojo guna perbaikan infrastuktur maupun pemberian pelayanan makan maupun kesehatan.

“Dan yang terakhir dari upaya mitigasi bencana sudah di anggap aman maka secepatnya akan di lakukan relokasi agar kehidupan kembali normal,”pungkas AKBP Anthon.

Penulis : PID polres Kdr Kota
Editor : Umi Fadilah
Publis : Yuli, Didik (Res Kdr Kota)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password