Profil Inovasi Polres Pulau Buru Dalam Penggunaan Teknologi Informasi.

tribratanews.polri.go.id – Polda Maluku – Seiring dengan peningkatan Tipe Polda Maluku dari Tipe B menjadi Tipe A (5/4-2017), memotivasi Personil Molda Maluku untuk menciptakan inovasi-inovasi baru dalam menunjang pelaksanaan tugas sebagai Pelindung, Pengayom dan Pelayan masyarakat.

Hal terbukti dengan adanya inovasi baru yang diciptakan oleh Kapolres Pulau Buru AKBP. Leo S.N. Simatupang, SiK, dan Jajaran yang telah  berhasil memanfaatkan kemajuan Ilmu dan Teknologi di bidang Informasi dengan menciptakan inovasi baru.

Adapun inovasi baru yang berhasil diciptakan  berupa “Posko Mobile” (sarana komonikasi) yang terkoneksi dengan Polda Maluku dan Mabes Polri, yang dilengkapi dengan Website Polres Pulau Buru guna memberikan akses keterbukaan informasi tentang Polres pulau Buru dan jajaran di bidang pelayanan masyarakat melalui alamat Website : http://maluku.polri.go.id/buru, SMS Gateway Polres Pulau Buru yang dimanfaatkan untuk penyampaian himbauan Kamtibmas dari Polisi ke masyarakat serta sebagai sarana pengaduan interaktif antara masyarakat dan Polisi guna terwujudnya Pelayanan Prima Kepolisian melalui nomor SMS Gateway : 082279663335.

Selain itu juga inovasi yang berhasil diciptakan berupa Posko Mobile Polres Pulau Buru, dalam bentuk Bus Posko Mobile yang memiliki fungsi yang sama sebagaimana layaknya Posko Statis di Polres yaitu sebagai pusat K3I ( Kodal, koordinasi, Komunikasi dan Informasi) yang dilengkapi dengan fasilitas ruang rapat, panel data Promoter, panel data Ops Mantap Praja Siwalima, TV monitor, internet dan Video Conference yang terkoneksi dengan Polda Maluku dan Mabes Polri.

Disamping itu Radio komunikasi berbasis Android serta aplikasi pelayanan publik Kepolisian berbasis Android ( Yanmas P2B) juga melengkapi fasilitas yang terdapat dalam Posko Mobile tersebut, sehingga mempermudah pelayanan kepada masyarakat terutama dalam pengurusan surat kehilangan, laporan kejadian, SKCK, SIM dan bantuan lainnya.

 

Penulis : Arifin T. & Imelda H.

Editor   : Umi Fadilah

Publish : Rifan

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password