Mau Tahu Tips agar Lingkungan tetap Aman ? Simak Ulasannya versi Polisi Satu ini

Tribratanews.polri.go.id – Polres Trenggalek, Kata blusukan seakan identik dengan sosok Kapolsek satu ini. Disetiap waktu luangnya ia manfaatkan untuk blusukan sekaligus patroli di wilayahnya. Siapa lagi kalau bukan AKP Tri Basuki, Kapolsek Dongko Polres Trenggalek.

AKP Tri Basuki menilai bahwa dengan blusukan dirinya bisa menggali informasi valid dan faktual langsung dari masyarakat. Dari blusukan ini juga ia bisa menampung setiap keluh kesah dan aspirasi masyarakat. Sifat grapyak (mudah bergaul) memang lekat dengan sosok AKP Tri Basuki, jadi tak heran jika semua warga hingga pelosok mengenalnya sebagai Polisi blusukan.

Tim redaksi berkesempatan mengikuti aksi blusukan ala Tri Basuki ini. Berangkat dari Mapolsek menggunakan kendaraan patroli, rombongan kecil ini bergerak menuju Desa Cakul yang berjarak lumayan jauh melewati jalan yang cukup terjal. Tak disangka,  di pelosok desa ini pun ternyata ada saja yang mengenal Kapolsek ini.

Di sebuah warung kecil di pinggir jalan, rombongan berhenti dan beristirahat sejenak. Beberapa warga desa sudah berada di warung tersebut sebelumnya. Suguhan kopi khas pedesaan menjadi suguhan manis ditengah obrolan ringan AKP Tri Basuki dengan pengunjung warung.

Dospundi pak dhateng mriki, aman mawon nggih (bagaimana pak disini, aman saja kan ?)” ucap Tri Basuki yang dijawab kompak aman oleh warga.

Dari obrolan sederhana itu, Tri Basuki mendapatkan banyak informasi yang bermanfaat bagi terselenggaranya Kamtibmas kondusif seperti lampu penerangan yang minim, jalan rusak hingga kekhawatiran warga tentang longsor yang banyak terjadi di daerah lain.

“Semua kita tampung dan kita jadikan acuan dalam mengambil kebijakan nantinya” ujar AKP Tri Basuki.

Perjalanpun kami lanjutkan menuju Desa Dongko. Di desa itu kami mengunjungi rumah salah satu tokoh setempat yang bernama Mbah Suradi. Rumahnya berada di pinggir bukit yang dikelilingi oleh hutan.

Sambil duduk bersila dilantai, Tri Basuki menitipkan pesan, agar masyarakat mengaktifkan kembali Poskamling dan 1 x 24 jam dan wajib lapor bagi orang asing. Tujuannya agar mudah mengawasi dan tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Menjelang sore kami pun kembali ke Mapolsek Dongko Polres Trenggalek dengan membawa kesan mendalam tentang sosok AKP Tri Basuki dan kesigapannya menjaga Kamtibmas kondusif di wilayah Kecamatan Dongko.

Penulis : Ady

Editor : Umi Fadilah

Publish : Handoko

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password