Kondisi Tanah Retak, 28 Warga Pedukuhan Jeruk Samigaluh Kulonprogo Diungsikan

tribratanews.polri.go.id -JOGJA- Kapolres Kulonprogo didampingi pejabat utama polres beserta ketua Pengurus Bhayangkari Cabang Polres Kulonprogo meninjau warga pengungsi tanah retak yang berada di pedukuhan Jeruk, Desa Gerbosari, Samigaluh Kulonprogo, Jumat (7/4/2017) pagi. Hujan yang lebat mengguyur wilayah Kabupaten Kulonprogo sejak kemaren sore mengakibatkan pedukuhan Jeruk mengalami pergeseran tanah. Akibat kejadian tersebut 28 warga di sekitar lokasi diungsikan ketempat yang lebih aman.

Kapolres Kulonprogo AKBP Irfan Rifai saat menyampaikan keprihatinannya atas bencana yang dialami warga pedukuhan Jeruk, menghimbau kepada warga korban agar untuk sementara tidak kembali ke rumah, mengingat kondisi tanah retak yang sewaktu-waktu dapat terjadi tanah longsor.

“Kondisi struktur tanah di lokasi masih dianggap rawan, ditakutkan akan terjadi longsor,” jelasnya.

Kapolsek Samigaluh AKP Gunardi Tejamurti kepada juru warta TribrataNews menyampaikan, seusai peninjauan, Kapolres mengajak instansi terkait yang turut hadir untuk berkoordinasi. Hal ini untuk memudahkan pengiriman logistik, berupa makanan dan peralatan kesehatan bagi warga pengungsi. Dari hasil koordinasi tersebut pihak BPPD Kulonprogo berencana melibatkan Geolog UGM untuk menguji lokasi apakah masih layak untuk dihuni atau tidak.

Lanjut AKP Gunardi menjelaskan sehari sebelumnya melalui laporan dari warga, anggotanya beserta Tagana Daerah melakukan evakuasi terhadap 28 warga yang berada di lokasi yang rawan tersebut.

“Ada 8 (delapan) rumah warga yang dikosongkan, 28 warga dievakuasi ke tempat pengungsian sementara di rumah Bapak Dukuh Sarjana,” ungkapnya.

Di akhir peninjauan, Kapolres Kulonprogo memberikan bantuan kepada warga pengungsian. Hingga kini anggota Polsek Samigaluh melakukan pengamanan disekitar lokasi, baik di lokasi rawan longsor dan tempat pengungsian sementara.

penulis : Robium
editor : Umi Fadilah
publish : jay jogja

Admin Polri55694 Posts

tribratanews.polri.go.id "Portal Berita Resmi Polri : Obyektif - Dipercaya - Patisipatif"

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password