Mabes Polri : Densus 88 AT Menangkap Tiga Terduga Teroris di Lamongan

Tribratanews.polri.go.id – Mabes Polri, Tim Densus 88 AT menangkap tiga terduga tindak pidana terorisme di Lamongan, Jawa Timur. Jumat, (7/4 2017).

Kadiv Humas Polri Irjen Boy Rafli Amar mengatakan ketiga terduga teroris yakni ZA ( 41) dan ZH (35) keduanya warga Gowah RT 005 RW 003, Kelurahan Blimbing, Kecamatan Paciran, Kabupaten Lamongan dan AB (20) alamat tinggal di Gowah RT 8 RW 3 Paciran Lamongan, Jawa Timur.

“ketiga terduga memiliki peran dan keterlibatan yang berbeda,” ujar Irjen Pol Boy Rafli Amar saat dikonfirmasi awak tribratanews.polri.go.id.

Kadiv Humas Polri melanjutkan, keterlibatan ZA yang merupakan pimpinan Jamaah Ansharut Daulah Indonesia (JAD) ditunjuk oleh iman abdurahman dan pernah mengambil 5 pucuk senjata (senpi pendek) di Sanger bersama dengan Nurul Hakim dan Zaenal Hasan (yang dibeli oleh Suryadi Masud di Filipina Selatan pada sekitar Desember 2015).

“Pengambilan senjata tersebut atas perintah dari Rois, yang kemudian 2 pucuk digunakan untuk aksi teror di Thamrin pada Januari 2016 dan untuk 3 pucuk lagi diduga yang mengetahui keberadaan saat ini adalah ZA, “terang Jenderal Bintang dua dipundaknya ini.

Selain itu, Ditambahkan Kadiv Humas Polri, Terduga ZA memberikan kontak dari NK kepada SM berkaitan dengan penjemputan 18 pucuk senpi panjang yang dibeli oleh SM di Filipina Selatan.

“hasil pemeriksaan sementara, ketiga terduga berencana melakukan penyerangan terhadap polsek Brondong , Kabupaten Lamongan dengan menggunakan 4 senjata pendek yang masih dikuasai kelompoknya”, ujar Mantan Kabid Humas Polda Metro Jaya ini.

Sementara itu, Terduga ZH dan AB berperan bersama sama terduga ZA transaksi senjata api di Sangir, Sulawesi Utara.

Saat ini ketiga terduga terorisme ini diamankan di Mapolda Jawa Timur untuk proses lebih lanjut. (*)

Penulis : Tim

Editor :Umi Fadilah

Publish :Alam /Veri


 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password